Penderita GERD Tak Boleh Minum Kopi? Ini Cara Aman Minum Kopi Tanda Takut Asam Lambung Naik

Penderita GERD Tak Boleh Minum Kopi? Ini Cara Aman Minum Kopi Tanda Takut Asam Lambung Naik

Penderita GERD tak boleh minum kopi-pinterest/Jill Carnahan MD-

INFORADAR.ID - Minum kopi memberikan energi yang optimal untuk meningkatkan suasana hati. Namun bagi sebagian orang, minum kopi dapat memicu asam lambung atau GERD. Benarkah penderita GERD tak boleh minum kopi?

Seperti yang diketahui, kopi bersifat asam dan mengandung kafein yang tinggi. Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan gejala asam lambung dan memperparah kondisi GERD.

Meskipun kopi yang diminum memiliki kandungan kafein yang rendah, namun kopi dapat merangsang produksi asam.

Namun, ada cara lain agar penderita asam lambung dan GERD dapat menikmati kopi tanpa terlalu khawatir.

Mengutip Info Sehat Fakultas Kedokteran UI mengatakan bahwa orang dengan kondisi GERD yang stabil masih dapat menikmati kopi. Namun, jika mereka memiliki gejala akut, kopi harus dihindari.

BACA JUGA:Kopi Penyebab Penyakit Ginjal, Hindari Kebiasaan Minum Kopi Ini Agar Ginjal Sehat

BACA JUGA:Jangan Langsung Tidur, Ini Tips Pakai Skincare Malam Hari ala dr Vika Damay

Bagi mereka yang ingin minum kopi setiap hari tetapi memiliki GERD ringan, berikut adalah beberapa tips untuk minum kopi dengan aman dan nyaman.

Jenis Kopi

Seseorang dengan penyakit GERD ringan masih dapat menikmati kopi dengan memilih jenis kopi yang memiliki kandungan asam yang rendah, seperti :

  1. Kopi luwak
  2. Kopi dark roast
  3. Kopi arabika
  4. Kopi excelsa

Gunakan metode penyeduhan cold brew

Cara penyajian kopi juga penting. Sebagai contoh, kopi seduh dingin mengandung lebih sedikit asam daripada kopi panas

Ini karena diseduh dingin tanpa panas, yang berarti lebih sedikit asam yang dihasilkan. Oleh karena itu, disarankan untuk minum kopi cold brew untuk mencegah peningkatan keasaman pada lambung.

BACA JUGA:Rekomendasi Coffee Shop Nyaman di Kota Serang Untuk Kamu Sejenak Meluangkan Waktu

BACA JUGA:Bikin Betah, Teater Koffie di Kota Serang Gabungan Seni Teater dan Coffe Shop

Batasi asupan kopi

Namun jika sudah memilih jenis kopi yang tepat dan menggunakan metode cold brew, asupan kafein harian dari konsumsi kopi juga harus dibatasi.

Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang mengonsumsi makanan asam, pedas, cokelat atau teh. Bagi penderita asam lambung batasan asupan kopi tidak lebih dari dua cangkir sehari untuk mengurangi risiko timbulnya gejala asam lambung meningkat.

Tambahkan susu

Pilihan lainnya adalah menambahkan susu ke dalam kopi. Susu alami dapat mengurangi keasaman klorogenat dalam kopi dan mengurangi produksi asam lambung.

Selain cold brew, ada juga jenis kopi latte untuk penderita GERD. Selain biji kopi yang digunakan adalah dipanggang dalam waktu yang lama, susu juga dapat ditambahkan ke dalam kopi latte.

BACA JUGA:Ini 7 Jenis Kopi yang Umum Ada di Coffee Shop, Harus Tahu Biar Gak Asal Pesan

BACA JUGA:Ini Efek Negatif Saat Kamu Minum Kopi Setiap Hari

Membawa obat dan hindari minum kopi saat perut kosong

Penderita GERD harus selalu membawa obat-obatan seperti obat penghilang rasa sakit atau penghambat asam lambung.

Obat seperti proton pump inhibitor (PPI) dapat diminum sekitar 30 menit sebelum minum kopi untuk memblokir asam lambung saat ingin menikmati kopi.

Selain membatasi asupan harian kafein dalam kopi, penderita GERD juga harus memperhatikan kapan mereka mengonsumsi kopi. Hindari minum kopi saat perut masih kosong, karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Jadi, meskipun menderita asam lambung, tidak perlu khawatir dan  mengucapkan selamat tinggal pada kopi. Jika mengikuti tips di atas, kamu dapat menikmati kopi tanpa perlu mengkhawatirkan gejala-gejala yang akan terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: