Kopi Penyebab Penyakit Ginjal, Hindari Kebiasaan Minum Kopi Ini Agar Ginjal Sehat

Kopi Penyebab Penyakit Ginjal, Hindari Kebiasaan Minum Kopi Ini Agar Ginjal Sehat

Potret Contoh Kopi--Pixabay

INFORADAR.ID - Minum kopi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Tidak hanya rasanya yang enak, kopi juga memberikan kita energi untuk memulai hari atau membangkitkan semangat saat kita merasa mengantuk atau bosan di tengah hari.

Meskipun kopi memiliki manfaat bagi kesehatan, kopi juga dapat memiliki efek negatif dan berisiko menyebabkan masalah kesehatan untuk ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kafein dalam kopi memiliki efek diuresis yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan peningkatan buang air kecil.

Beberapa kebiasaan minum kopi dapat mempengaruhi ginjal. Hindari kebiasaan-kebiasaan berikut ini saat minum kopi agar terhindar dari penyakit ginjal.

BACA JUGA:Ini 7 Jenis Kopi yang Umum Ada di Coffee Shop, Harus Tahu Biar Gak Asal Pesan

BACA JUGA:9 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Dapat Membantu Menurunkan Risiko Kanker Payudara: Kopi Jadi Salah Satunya?

1. Minum terlalu banyak kopi

Minumlah tidak lebih dari tiga cangkir kopi sehari. Minum kopi dalam jumlah besar setiap hari akan memberikan tekanan yang berlebihan pada ginjal.

Asupan kafein yang tinggi akan meningkatkan tekanan darah yang meningkatkan beban kerja ginjal dan memperburuk fungsi ginjal.

2. Terlalu banyak krim dan gula

Gula dan krimer meningkatkan risiko obesitas dan diabetes dengan meningkatkan asupan kalori dan lemak jenuh. Seperti yang diketahui, obesitas dan diabetes adalah dua faktor risiko penyakit ginjal.

Orang yang sudah memiliki masalah ginjal mulai kehilangan kemampuannya untuk menyaring kelebihan fosfor dan kalium dari darah. Hindari gula dan gunakan alternatif gula yang sehat seperti susu rendah lemak atau susu almond.

BACA JUGA:Waspada Cuaca Panas di Indonesia Rentan Sakit, Ini Pencegahannya

BACA JUGA:Selain LinkedIn, Ini 7 Aplikasi Lowongan Kerja Terpercaya dan Diakui Keamanannya

3. Minum kopi dalam kemasan

Kopi sachet sangat mudah diseduh dan nyaman bagi mereka yang ingin menikmati kopi instan. Sehubungan dengan poin sebelumnya, kopi sachet mengandung lebih banyak gula.

Memang benar bahwa beberapa produk kopi yang kemasan gulanya terpisah, tetapi tidak menjamin bahwa tidak ada perasa atau krim yang ditambahkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari minum kopi kemasan.

4. Abaikan batasan asupan cairan

Orang yang suka minum kopi perlu memperhatikan asupan cairan mereka. Jika memiliki masalah ginjal, penting untuk memperhatikan berapa banyak cairan yang dikonsumsi setiap hari.

Untuk mengatur jumlah cairan, dokter akan meminta kamu untuk membatasi asupan cairan, termasuk kopi, sehingga kamu tidak melebihi jatah cairan harian.

Namun tetap harus berhati-hati dengan asupan cairan meskipun kamu tidak memiliki masalah ginjal. Kafein memiliki sifat diuretik, sehingga ada risiko peningkatan produksi urin dan lebih banyak kehilangan air.

Saat cuaca pana, es kopi bagaikan pelepas dahaga, tetapi pastikan kamu minum cukup air untuk menghidrasi tubuh dengan baik dan menghindari penyakit ginjal yang tak diinginkan.

BACA JUGA:5 Bad Habbits yang Mampu Membuatmu Tidak Pernah Berkembang!

BACA JUGA:BKN Bolehkan Pendaftaran CPNS 2024 Gunakan Meterai Tempel, Ini Perbedaan Pembubuhannya dengan E-Meterai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: