Tema dan Logo HUT ke-79 RI Lambangkan Makna Perpindahan Ibu Kota Negara

Tema dan Logo HUT ke-79 RI Lambangkan Makna Perpindahan Ibu Kota Negara

Makna tema dan logo HUT RI ke-79--setneg.go.id

INFORADAR.ID – Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79, Pemerintah resmi meluncurkan tema dan logo Hut RI 79.

Kementrian Sekretaris Negara (Kemensetneg) dan Kementrian Pariwisaata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan logo dan tema HUT RI 79 pada Senis 24 Juni 2024 di Wisma Negara, Jakarta.

Logo HUT RI 79 ini merupakan kerja sama antara Kemenparekraf dan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia hasil karya Inggrid Wenas.

Tema HUT ke-79 RI mengambarkan Negara Baru Indonesia Maju. Melansir dari indonesia.go.id Tema Negara Baru Indonesia Maju dipilih untuk menggambarkan transisi kepindahan Ibu Kota Negara dan pergantian kepemimpinan bangsa.

BACA JUGA:Barista Asal Tangerang dan Jakarta Raih Juara The Surosowan Latte Art Competition Volume 3

BACA JUGA:Natsu Matsuri, Buah Kolaborasi Mahasiswa FKIP Untirta dengan Komunitas Pecinta Anime

Logo HUT RI 2024 dirancang berbentuk angka 79 berwarna merah.

Tiga garis merah membentuk angka 7, sementara tiga garis merah lainnya membentuk angka 9. Ujung angka 7 yang menyerupai paruh Garuda adalah lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila. Ini juga melambangkan kekuatan negara.

Sementara angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas adalah simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi.

Lalu lengkungan dari segala arah yang saling terhubung, menyimbolkan prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

Kemudian bentuk dahan dan daun dari angka 9 adalah merepresentasikan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, serta selalu memperhatikan akar budaya dan identitas bangsa. 

BACA JUGA:Tradisi Boh Gaca Adat Aceh dalam Prosesi Pernikahan Beby Tsabina

BACA JUGA:Tampil Menawan Beby Tsabina Gunakan Kebaya Janggan

Kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama, membentuk dua tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia, meskipun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Dua gelombang dengan arah yang sama di atas dan di bawah mempresentasikan Indonesia untuk desentralisasi dan pemerataan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Sementara elemen grafis terinspirasi dari aliran sungai yang merupakan sumber kehidupan. 

Secara umum sungai memiliki cabang-cabang yang pada akhirnya akan mengarah pada satu muara yang sama.

Hal itu menyiratkan berbagai rumpun yang menyatukan kekuatan dan bergerak menuju nusantara baru, Indonesia maju. 

Bentuk keseluruhan yang meliuk-liuk dan panjang menyerupai ikon sungai terpanjang di Indonesia, tepatnya Sungai Kapuas di Kalimantan, yang memiliki makna dan harapan bahwa Indonesia menjadi negara yang dinamis.

Elemen grafis yang terdiri dari empat garis melambangkan empat pilar yang dinamis yang melambangkan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Elemen grafis ini mengandung harapan bahwa Indonesia terus berkembang mengikuti zaman namun tetap berpegang pada nilai luhur bangsa.(*)

BACA JUGA:Kolaborasi Cathy Antara Afgan dan Jessi, Escape Duduki Trending Youtube

BACA JUGA:Apa Itu Mayam? Mahar Pernikahan yang Diberikan Rizki Natakusumah untuk Beby Tsabina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id