Tips Mengelola Kemarahan di Dada Agar Tidak Memuncak

Tips Mengelola Kemarahan di Dada Agar Tidak Memuncak

Ilustrasi seseorang yang sedang marah.-freepik/@felicities-

4. Cuci muka

Rasanya tidak akan menyenangkan, tetapi air dingin dapat mengatur ulang otak kamu dan membantu kamu agar berpikir dengan tenang dan logis tentang berbagai hal.

5. Tangani situasi dengan rasa humor

Humor bukanlah strategi mengatasi masalah yang terbaik untuk semua hal, namun humor dapat sangat membantu dalam mengatasi ketidaknyamanan dan gangguan dalam hidup. 

Lain kali, ketika kamu merasa sangat frustrasi atau marah, menceritakan sebuah lelucon atau meringankan suasana hati dapat membantu mengubah situasi.

6. Kenali dan hindari situasi yang memicu kemarahan

Situasi seperti apa yang paling membuat kamu marah? Menghindari situasi-situasi ini atau menghadapinya dengan cara-cara baru adalah cara yang berharga untuk mengelola kemarahan secara efektif.

BACA JUGA:Ucapannya Pancing Kemarahan Anggota TNI di Berbagai Daerah, Efendi Simbolon Minta Maaf

7. Hilangkan pola pikir negatif

Berpikir secara absolut tentang suatu situasi, langsung mengambil kesimpulan atau menuding dapat mengaktifkan naluri kemarahan. 

Dengan mengidentifikasi dan mengubah pola pikir ini, kamu akan dapat menghadapi berbagai skenario dengan pola pikir yang lebih seimbang.

8. Berlatihlah merawat diri sendiri

Merawat kesehatan mental dan fisik kamu akan membuat kamu lebih mudah untuk mengatasi saat-saat dan situasi marah. 

Tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam, dapat menghilangkan stres dengan meditasi kesadaran, mencoba teknik relaksasi otot progresif, membuka diri kepada teman dan berolahraga secara teratur adalah cara-cara yang sangat berguna untuk menjaga pikiran dan tubuh kamu tetap sehat.

9. Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan mental 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: