Jaga Kesehatan Mental Yuk, Lakukan 11 Cara Ini, Nomor Delapan Paling Penting

Jaga Kesehatan Mental Yuk, Lakukan 11 Cara Ini, Nomor Delapan Paling Penting

ilustrasi kesehatan mental (iStock)--

INFORADAR.ID - Kesehatan mental adalah keadaan kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial yang memungkinkan seseorang untuk mengatasi stres, menjalin hubungan yang sehat, berfungsi sebaik mungkin dalam kehidupan sehari-hari, dan membuat keputusan yang tepat. 

Kesehatan mental mencakup berbagai aspek mulai dari kesejahteraan emosional atau kemampuan untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi dengan baik. Ini termasuk mengatasi stres, kecemasan, depresi, dan perasaan negatif lainnya.

Kesejahteraan Psikologis atau kemampuan untuk memiliki pandangan diri yang positif, memiliki rasa percaya diri, serta memiliki tujuan dan makna dalam hidup. Dan huhungan sosial yang jadi kemampuan untuk menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain, seperti keluarga, teman, dan rekan kerja. Ini juga mencakup kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain.

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan keduanya saling terkait. Gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, atau gangguan stres pasca trauma dapat mempengaruhi kesehatan fisik seseorang. Demikian pula, masalah kesehatan fisik seperti gangguan tidur atau penyakit kronis dapat memengaruhi kesehatan mental.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Journaling Harian Bagi Kesehatan Mental

Penting untuk menjaga kesehatan mental dengan merawat diri Anda sendiri, mencari dukungan dari orang-orang yang Anda percayai, dan jika diperlukan, mencari bantuan profesional seperti psikolog atau psikiater. Kesadaran tentang kesehatan mental dan berbicara terbuka tentang perasaan dan tantangan adalah langkah pertama yang penting untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Merawat kesehatan mental sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat kesehatan mental Anda:

1. Jaga Keseimbangan Hidup 

Upayakan untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan, waktu bersama keluarga dan teman, serta waktu untuk diri sendiri. Jangan biarkan pekerjaan atau komitmen lainnya mengambil alih hidup Anda sepenuhnya.

2. Olahraga dan Gizi Seimbang

Aktivitas fisik teratur dan makan makanan sehat dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Olahraga melepaskan endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati.

3. Tidur yang Cukup

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup. Kekurangan tidur dapat memengaruhi kesehatan mental Anda. Usahakan tidur yang berkualitas selama 7-9 jam setiap malam.

4. Kendalikan Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: