9 Tempat Wisata Bersejarah terkait Kemerdekaan Indonesia

9 Tempat Wisata Bersejarah terkait Kemerdekaan Indonesia

Grafis: Laman FB Indonesia Baik -----

Rumah ini dianggap aman, karena pemilik rumah bernama Maeda adalah sahabat Subardjo. Sebagai petinggi militer, rumah ini aman dari pengaruh dan pengawasan angkatan darat Jepang.

4. Tugu Proklamasi

Lokasinya berada di Jalan Proklamasi, Menteng, Cikini, Jakarta Pusat.

Area ini adalah bekas lokasi rumah Presiden Soekarno. Kemudian juga menjadi tempat proklamator membacakan naskah proklamasi.

5. Radio Republik Indonesia

Lokasinya berada di Jalan Medan Merdeka Barat 4-5, Gambir, Jakarta Pusat.

RRI mempunyai peranan penting menyebarkan kabar proklamasi. Tepat pukul 19.00 WIB, teks proklamasi dari kantor berita Domei yang sekarang Kantor Berita Antara sampai di tangan Yusuf Ronodipuro, Bachtiar Lubis, dan Suprapto. 

Mereka adalah penyiar radio Hoso Kanri Kyoku yang sekarang menjadi RRI. Dari sini, RRI memiliki peran awal untuk menyebarkan berita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Saat ini, RRI masih eksis mengudara dan tetap hadir untuk memberikan informasi berita kepada masyarakat.

6. Monumen Nasional (Monas)

Lokasinya berada di tengah Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat.

Monas merupakan monumen peringatan yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan Belanda. 

Monumen ini memiliki tinggi 132 meter, dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dan mulai dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. 

Di dalam museum terdapat 51 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra-sejarah hingga orde baru dan juga naskah asli teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca di Ruang Kemerdekaan.

7. Gedung Joang 45

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: