9 Tempat Wisata Bersejarah terkait Kemerdekaan Indonesia

9 Tempat Wisata Bersejarah terkait Kemerdekaan Indonesia

Grafis: Laman FB Indonesia Baik -----

INFORADAR.ID --- Ada setidaknya 9 tempat atau lokasi terkait dengan momen kemerdekaan Indonesia. Lokasi tersebut saat ini menjadi tempat wisata sejarah yang menceriterakan perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan. 

Dikutip dari laman FB Indonesia Baik, berikut ini tempat-tempat bersejarah yang mempunyai kaitan erat seputar masa kemerdekaan. 

1. Rumah Rengasdengklok 

Lokasinya berada di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 33, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Rumah ini merupakan saksi perjuangan proklamasi karena dijadikan tempat disembunyikannya Soekarno-Hatta oleh golongan muda yang mendesak untuk segera diumumkan kemerdekaan Indonesia.

Pada masa itu, rumah ini dianggap aman karena saat itu Rengasdengklok merupakan wilayah kekuasaan tentara Peta dan jauh dari kekuasaan Jepang. 

Pemilik rumah ini adalah Djiaw Kie Siong, seorang penduduk lokal yang sehari-hari bekerja sebagai petani. Di rumah ini masih ada dipan asli yang digunakan untuk tidur Bung Hatta. Namun, untuk dipan milik Soekarno sudah dibawa ke Bandung.

2. Monumen Kebulatan Tekad

Lokasinya berada di Jalan Raya Tugu Proklamasi, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Monumen ini dibangun pada tahun 1950 yang dimaksudkan untuk memperingati peristiwa Rengasdengklok. 

Peristiwa Rengasdengklok ialah peristiwa saat golongan muda dan golongan tua sepakat memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Di lokasi ini awalnya berdiri markas Peta. Tepat di belakang tugu terdapat relief yang menceritakan peristiwa kemerdekaan.

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Lokasinya berada di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketika itu Soekarno dan Hatta dijemput oleh Ahmad Subardjo dari Rengasdengklok langsung ke rumah ini untuk melakukan perumusan teks proklamasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: