Intip Baju Adat yang Dikenakan oleh Jokowi dari Tahun 2017 Hingga 2024 Selama Masa Jabatnya Sebagai Presiden

Intip Baju Adat yang Dikenakan oleh Jokowi dari Tahun 2017 Hingga 2024 Selama Masa Jabatnya Sebagai Presiden

Ilustrasi pakaian adat Jokowi mulai tahun 2017 hingga 2024.-beritasatu-

INFORADAR.ID – Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI), Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi kerap kali mengenaan pakaian adat pada perayaan upacara disetiap 17 Agustus.

Bukan hanya pada perayaan HUT RI saja, penggunaan pakaian adat itu juga kerap kali dikenakan oleh Jokowi pada masa pemaaran pidato kenegaraan, hingga pada saat sidang tahunan.

Penggunaan baju adat sebagai kostum pada perayaan HUT RI ini sudah dilakukannya sejak tahun 2017 silam, pada HUT ke-72 RI. 

Jokowi kerap tampil dengan baju adat yang sangat beragam dan variatif setiap tahunnya, sehingga tampak berbeda.

Hal tersebut secara tidak langsung, Jokowi mengenalkan baju adat daerah kepada seluruh masyarakat agar bisa mengetahui hadirnya keberagaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

BACA JUGA:Upacara Detik-Detik Hari Proklamasi Kemerdekaan RI di IKN, Pakibraka Tingkat Pusat Ukir Sejarah Baru

BACA JUGA:Atta Halilintar Rilis Lagu 'Torang Indonesia' Netizen: Balas Hujatan dengan Karya

Hingga saat ini, terhitung dari tahun 2017, terdapat 8 baju yang telah dikenakannya pada saat upacara perayaan kemerdekaan HUT RI dan beberapa lainnya pada saat pidato dan sidang terbuka.

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja pakaian adat yang kerap kali digunakan oleh Jokowi dari tahun ke tahun, berikut merupakan rincian lengkapnya:

1. Tahun 2017

Tahun peratama kali Jokowi mulai membiasakan diri menggunakan pakaian adat adalah pada saat penyampaian pidato kenegaraan dengan menggunakan pakaian yang biasa digunakan oleh para bangsawan di Makassar dengan mengenakan songkok emasnya.

Pada upacara perayaan kemerdekaan HUT ke-72 RI, Jokowi kemudian mengnakan pakaian adat yang berasal dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

2. Tahun 2018

Pada tahun ini, Jokowi menggunakan pakaian adat dari Aceh pada saat pelaksanaan Upacara HUT Ke-73 RI, lengkap dengan aksesorisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: