Lindungi Data Pribadimu dari Cybercrime yang Marak Terjadi, Begini Caranya

Lindungi Data Pribadimu dari Cybercrime yang Marak Terjadi, Begini Caranya

Ilustrasi cybercrime yang dapat dicegah.-freepik/pikisuperstar-

4. Perbarui Perangkat Lunak Secara Teratur

Pastikan sistem operasi, aplikasi, dan perangkat lunak antivirus kamu mutakhir. Pembaruan ini mencakup fitur keamanan penting untuk melindungi data kamu.

BACA JUGA:Manfaatkan Internet untuk Menghasilkan Banyak Cuan

BACA JUGA:Terbaru! Inilah Info Lowongan Kerja dari PT First Cable Industries Plant Cikande: Fresh Graduate Dipersilahkan

5. Hati-hati dengan Jaringan Wifi Public

Jangan mengakses atau mentransfer data sensitif melalui jaringan WiFi publik, seperti tempat umum atau kafe. Jaringan ini rentan terhadap serangan dan penyalahgunaan data.

6. Gunakan VPN( Virtual Private Network)

Jika kamu sering menggunakan jaringan WiFi publik, pertimbangkan untuk menggunakan VPN. VPN dapat membantu melindungi privasi kamu dan mengenkripsi data kamu saat kamu terhubung ke internet.

7. Menghapus Data yang Tidak Perlu

Hapus data yang tidak lagi diperlukan, seperti file yang tidak lagi digunakan atau pesan yang tidak lagi relevan. Ini mengurangi risiko kebocoran data jika perangkat terkena malware atau hilang.

Ingatlah bahwa melindungi data pribadi kita merupakan tanggung jawab kita bersama. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa meningkatkan keamanan data pribadi kamu dan mengurangi risiko penyalahgunaan. 

Data pribadi kamu harus dijaga kerahasiaannya agar bisa terlindungi dari cybercrime yang kian marak terjadi dan dapat dialami bagi siapa saja.(*)

BACA JUGA:Kenali Sisi Gelap Internet yang Belum Banyak Orang Tahu

BACA JUGA:Strategi Efektif untuk Memperoleh Beasiswa Kuliah Gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: