Tips dan Latihan Meningkatkan Kekuatan dan Kelenturan Pergelangan Tangan

Tips dan Latihan Meningkatkan Kekuatan dan Kelenturan Pergelangan Tangan

potret seseorang yang sedang berolahraga--sumber & design Freepik

INFORADAR.ID - Pergelangan tangan yang kuat dan fleksibel adalah aset yang berharga dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk pekerjaan fisik atau untuk mendukung kehidupan sehari-hari Anda, memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas pergelangan tangan dapat membantu mencegah cedera dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Artikel ini memberikan serangkaian tips dan latihan yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kesehatan dan fungsionalitas pergelangan tangan Anda. Mulai dari latihan sederhana hingga penggunaan alat bantu untuk pergelangan tangan yang kuat dan fleksibel.

Berolahragalah secara teratur dan konsisten dan berhentilah berolahraga jika Anda mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan yang berlebihan. Jika Anda memiliki riwayat cedera atau penyakit, konsultasikan dengan ahli kesehatan Anda sebelum memulai program latihan baru.

Berikut adalah beberapa tips dan latihan untuk membantu meningkatkan dan memperkuat fleksibilitas pergelangan tangan

1. Berikut ini beberapa kiat dan latihan untuk membantu memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas pergelangan tangan

Ketika melakukan tugas yang memerlukan penggunaan satu tangan, seperti mengangkat benda atau menulis, gunakan kedua tangan untuk mendistribusikan beban secara merata dan mengurangi tekanan pada pergelangan tangan.

2. Putar pergelangan tangan

Latihan pergelangan tangan yang sederhana, seperti gerakan memutar, dapat membantu menstimulasi sirkulasi dan meningkatkan fleksibilitas pergelangan tangan. Putar pergelangan tangan Anda searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam dengan gerakan melingkar selama beberapa putaran.

BACA JUGA:12 Olahraga yang Masih Aman Dilakukan Selama puasa

3. Latihan dengan resistance band 

Gunakan resistance band untuk mengaktifkan otot pergelangan tangan. Pegang ujung resistance band dengan satu tangan dan tarik tali ke arah Anda dengan pergelangan tangan yang stabil. Lakukan pengulangan untuk memperkuat otot pergelangan tangan.

4. Lakukan gerakan menggulung pergelangan tangan setiap hari

Sambil duduk atau berdiri di meja kerja Anda, lakukan wrist curl dengan menekuk pergelangan tangan ke arah tubuh Anda dan kembalikan ke posisi semula. Lakukan secara perlahan dan terkendali untuk memperkuat otot pergelangan tangan Anda.

5. Lakukan latihan kekuatan genggaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: