Turunkan Berat Badan, dengan Olahraga Aerobik Ini

Turunkan Berat Badan, dengan Olahraga Aerobik Ini

beberapa orang yang sedang berolahraga--sumber&design Freepik

INFORADAR.ID - Latihan aerobik adalah jenis aktivitas fisik yang melibatkan pelaksanaan latihan intensitas sedang hingga tinggi untuk jangka waktu yang relatif lama. Tujuan dari latihan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas aerobik tubuh.

Kapasitas aerobik mengacu pada kemampuan sistem pernapasan dan kardiovaskular untuk memasok oksigen yang cukup ke otot-otot yang aktif selama aktivitas fisik.

Latihan aerobik juga dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis. Masing-masing mampu membakar jumlah kalori yang berbeda. Ini berarti bahwa setiap jenis latihan aerobik dapat membantu menurunkan berat badan.

Ada beberapa jenis latihan aerobik untuk menurunkan berat badan, antara lain

1. Berenang

Rekomendasi pertama adalah berenang. Olahraga ini melibatkan Olahraga di dalam air dan tidak membuat Anda berkeringat. Namun, kalori yang dibakar dengan berenang cukup signifikan.

Sebagai contoh, berenang gaya kupu-kupu selama 30 menit dapat membakar 409 kkal. Dalam waktu yang sama, berenang gaya punggung membakar 298 kkal dan gaya dada membakar 372 kkal.

Berenang bukan hanya pembakar kalori yang efektif, tetapi juga merupakan jenis latihan aerobik, sehingga direkomendasikan untuk orang dengan masalah sendi atau cedera.

2. Bersepeda

Pilihan lainnya adalah bersepeda. Tidak harus dilakukan di luar ruangan, Anda juga bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan sepeda statis.

Bersepeda di udara segar selama 30 menit dapat membakar 280-360 kilokalori. Di sisi lain, sepeda statis membakar 250-280 kilokalori dalam waktu yang sama.

3. Berjalan kaki.

Siapa sangka olahraga aerobik yang mudah ini juga efektif menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin? Faktanya, jalan kaki bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bisa di pasar saat berbelanja, di mall, atau dalam perjalanan ke kantor dari halte bus atau stasiun kereta api.

Hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, tubuh Anda akan membakar 167 kkal. Jika Anda sudah terbiasa melakukan aktivitas ini, Anda bisa menambah waktu berjalan kaki lebih lama lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: