3 Cara Meningkatkan Kapasitas Google Drive

3 Cara Meningkatkan Kapasitas Google Drive

Ilustrasi cara menambah kapasitas penyimpanan Google drive-Elle Cartier -unsplash.com

INFORADAR.ID - Bagi banyak orang, Google Drive adalah hard drive modern. Di sinilah pikiran, dokumen, dan kenangan terpenting kita disimpan. Namun, seperti halnya hard drive tradisional, kapasitas yang tersedia tidak terbatas dan kehabisan ruang dapat menjadi masalah yang nyata.

Secara default, Google Drive menawarkan ruang sebesar 15 GB yang dapat digunakan untuk semua hal yang terkait dengan akun Anda. Ini termasuk konten yang ditautkan ke Gmail, Google Drive, dan semua Foto Google (kecuali yang disimpan sebelum 1 Juni 2021). Tentu saja, data tumbuh dengan cepat.

Dan inilah cara meningkatkan kapasitas Google Drive yang dilansir dari laman theverge pada Kamis, 9 Mei 2024:

BACA JUGA:Auto FYP, Inilah Jam Terbaik untuk Posting Konten TikTok pada 2024

Cara menambah Kapasitas Google Drive

1. Hapus Sampah Google Drive

Google Drive adalah tempat yang umum digunakan untuk menyimpan file yang menghabiskan ruang dan menghabiskan ruang penyimpanan Anda.

  • Buka tautan ini dan Anda akan melihat daftar semua file Drive yang diurutkan berdasarkan ukurannya, dengan file terbesar di bagian atas.
  • Periksa file yang paling besar dan hapus semua yang tidak Anda perlukan.
  • Klik ikon berbentuk roda gigi di sudut kanan atas drive, pilih Pengaturan, lalu Kelola Aplikasi.
  • Aplikasi yang terkait dengan penyimpanan Google Drive terkadang memiliki data tersembunyi, tetapi hanya perlu beberapa klik untuk menghapusnya. Untuk aplikasi yang menyimpan data tersembunyi, klik kotak opsi abu-abu di sebelah kanan dan pilih Hapus data aplikasi tersembunyi.
  • Arahkan ke folder Sampah pada drive dan klik tautan Kosongkan Sampah di bagian atas halaman.

2. Kosongkan Ruang Penyimpanan Foto

Kecuali jika saat ini Anda memiliki ponsel Pixel model 5 atau yang lebih lama (dalam hal ini Anda masih memiliki opsi 'penghemat penyimpanan' tanpa batas untuk saat ini), semua foto dan video yang dicadangkan ke Google Foto setelah 1 Juni 2021 akan dihitung ke dalam Google Storage Anda.

The Verge menyebutkan, jika foto disimpan dalam ukuran aslinya, foto tersebut dapat dikonversi ke opsi 'Penghemat penyimpanan' Google (sebelumnya disebut 'Kualitas tinggi') untuk menghemat banyak ruang. Ini akan memampatkan gambar menjadi 16MP dan video menjadi 1080p (perubahan yang mungkin tidak disadari oleh kebanyakan orang atau lokasi penyimpanan).

  • Buka halaman pengaturan Foto dan pilih Penghemat Penyimpanan.
  • Beralih ke Penghemat Penyimpanan tidak secara otomatis mengompres foto-foto Anda sebelumnya. Untuk melakukannya, temukan tombol Pulihkan Penyimpanan pada halaman pengaturan Foto dan kompres sebagian besar (tetapi tidak semua) video dan foto yang ada. (Lihat daftar di halaman dukungan Google untuk melihat gambar mana saja yang terpengaruh.

3. Kosongkan sampah GMail

Email tidak memakan banyak ruang, tetapi tahukah Anda? Lampiran. Kemungkinan besar akun Gmail Anda penuh dengan lampiran lama yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Ada cara untuk memperbaikinya:

  • Buka situs web Gmail dan ketik 'has:attachment large:10M' di kotak pencarian di bagian atas.
  • Identifikasi dan hapus pesan dengan lampiran sekali pakai.

Itulah tiga cara untuk meningkatkan kapasitas Google Storage (penyimpanan Google) pad gadget Anda. Selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: theverge.com