7 Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Agar Terhindar dari Bahaya Komplikasi

7 Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Agar Terhindar dari Bahaya Komplikasi

Ilustrasi ibu hamil -Istock/AsiaVision-

INFORADAR.ID – Menjaga kesehatan pada ibu hamil sangatlah penting dilakukan agar terhindar dari bahaya komplikasi selama masa kehamilan.

Pada tri semester awal, ibu hamil pada umumnya akan merasakan mual muntah yang dapat menghambat asupan nutrisi makanan sehingga bisa berpengaruh pada kesehatan kehamilan.

Maka dari itu, menjaga kesehatan pada ibu hamil harus benar-benar diperhatikan mulai dari pola makan, waktu istirahat, hingga terpenuhinya kebutuhan gizi bagi janin dalam kandungan.

Mengutip dari apa yang dikatakan dr. Alni dalam postingan channel Youtube Alodokter, ada 7 tips menjaga kehamilan agar terhindar dari bahaya komplikasi selama masa kehamilan mulai dari minggu pertama hingga lahiran.

1. Rutin Konsultasi ke Dokter atau Bidan

Konsultasi ini penting dilakukan dimulai sejak awal diketahuinya postitif hamil hingga masa akhir jelang kelahiran. Tujuan dari konsultasi ini berguna agar ibu hamil mengetahui perkembangan janin dan pola penanganan selama masa kehamilan, konsultasi ini normal dilakukan setiiap satu bulan sekali.

2. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang bagi ibu hamil sangatlah penting bagi perkembangan janin, makanan tersebut harus mengandung protein agar menjaga kestabilan hormon ibu hamil dan janin, makanan tersebut seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, serta buah dan sayur.

3. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur ini sangat penting dilakukan bagi ibu hamil agar menjaga kekuatan janin dan ibu hamil, juga untuk meningkatkan kebugaran selama masa kehamilan. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan cepat, renang, dan yoga.

Namun, kegiatan olahraga dilakukan dengan porsi ringa, jangan sampai ibu hamil merasa terlalu kelelahan yang bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan ibu hamil.

4. Istirahat yang Cukup

Kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil ialah tidak bisa tidur di waktu malam hari, hal ini normal karena janin lebih aktif di waktu malam hari. Sedangkan ibu hamil harus mendapatkan porsi waktu istirahat yang cukup. Maka dari itu, di waktu siang harinya disarankan ibu hamil untuk istirahat tidur untuk mengganti waktu malam yang tidak bisa tidur.

5. Menjaga Kesehatan Gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: