Jarang Diketahui, Ternyata Peran Perawat di Rumah Sakit itu Berbeda-beda

Jarang Diketahui, Ternyata Peran Perawat di Rumah Sakit itu Berbeda-beda

peran perawat di rumah sakit--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Perawat berkontribusi pada perawatan kesehatan pasien di rumah sakit. Mereka dapat memberikan perawatan yang komprehensif dan menjaga pasien tetap sehat.

Perawat dapat bekerja di berbagai tempat perawatan kesehatan termasuk rumah sakit, klinik, panti jompo, dan pusat kesehatan. Tugas mereka berkisar dari pemantauan kesehatan hingga perawatan langsung.

Perawat dapat memberikan dukungan emosional dan psikososial kepada pasien dan keluarga mereka selama rawat inap. Hal ini dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan yang disebabkan oleh kondisi pasien. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang peran perawat? Cari tahu lebih lanjut di sini!

1. Memberikan rekomendasi 

Perawat bertanggung jawab untuk memberikan rekomendasi kepada pasien dan keluarganya. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kualitas perawatan dan manajemen perawatan profesional terhadap penyakit atau masalah kesehatan pasien.

Sebelum memberikan bimbingan, perawat membahas masalah kesehatan pasien dengan kolega dan dokter. Hasil dari diskusi ini membantu untuk memahami dan mengembangkan keterampilan klinis.

BACA JUGA: Tips Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Tanpa Perlu ke Dokter

2. Pemberian obat

Tugas perawat selanjutnya adalah memberikan obat sesuai resep dokter dan memastikan dosis yang tepat. Mereka juga memberi tahu pasien tentang penggunaan obat dan kemungkinan efek selanjutnya. Pemberian obat tidak boleh sembarangan dan semua rekomendasi dokter harus diikuti.

3. Evaluasi profesional

Penilaian ini merupakan pengumpulan data yang sistematis dan komprehensif tentang kesehatan, kesehatan reproduksi, dan bayi baru lahir. Prosedur ini harus melibatkan keluarga dan harus akurat serta berkesinambungan.

4. Perawatan luka

Peran perawat selanjutnya adalah perawatan luka. Ini termasuk mengganti perban, membersihkan luka dan mengawasi tanda-tanda infeksi. Perawat berkoordinasi dengan dokter untuk mengembangkan rencana perawatan yang tepat.

5. Merencanakan pemulangan pasien

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: