Jarang Diketahui, Ternyata Peran Perawat di Rumah Sakit itu Berbeda-beda

Jarang Diketahui, Ternyata Peran Perawat di Rumah Sakit itu Berbeda-beda

peran perawat di rumah sakit--sumber & design freepik.com

Dokter dan perawat membahas rencana pasien pemula, memberikan instruksi untuk perawatan pasca-pemulangan, dan membantu transportasi yang aman ke rumah.

6. Persiapan untuk pemasangan pessarium

Pessarium (cincin serviks) adalah alat berbentuk cincin yang digunakan untuk menangani prolaps rahim. Pessarium berfungsi untuk menopang kandung kemih, rektum, dan rahim agar turun atau menonjol ke dalam vagina.

BACA JUGA: Klinik Utama Bakti PMI Banten Memberikan Pelayanan Dokter Umum, Spesialis, dan Hemodialisa

Perawat dapat mempersiapkan pasien untuk pemasangan pessarium. Namun, pemasangan pessarium dilakukan oleh dokter.

7. Perawatan luka setelah perineotomi 

Sayatan perineotomi adalah sayatan kecil yang dibuat selama pengiriman untuk memperlebar lubang vagina. Robekan ini dapat mempengaruhi otot-otot di sekitar anus dan rektum.

Dalam hal ini, perawat akan membantu menjaga bekas jahitan tetap kering dan bersih. Caranya, keringkan bekas jahitan dengan handuk bersih setelah mandi, buang air kecil, dan buang air besar.

8. Pemberian obat melalui vagina

Tugas perawat selanjutnya adalah memberikan obat secara langsung ke dalam vagina atau jaringan di sekitarnya seperti leher rahim atau rahim. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengobati kondisi yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita seperti infeksi vagina dan kelainan leher rahim.

9. Manajemen laktasi

Manajemen laktasi adalah pendekatan yang memberikan perawatan dan dukungan kepada ibu menyusui. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan produksi ASI.

Nah, itulah beberapa tugas perawat di rumah sakit. Jika ada masalah kesehatan, temui dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan yang tepat.(*)

BACA JUGA: Jumlah Dokter di Banten Mencukupi, Tapi Sebarannya Tidak Merata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: