Biar Jago Administrasi, UKM TRAS Untirta Gelar Pelatihan Kesekretariatan

Biar Jago Administrasi, UKM TRAS Untirta Gelar Pelatihan Kesekretariatan

Flyer Pelatihan Kesekretariatan 1 UKM TRAS Untirta --Divisi Creative Production Proker Pelatihan Kesekretariatan

INFORADAR-Unit Kegiatan Mahasiswa Tirtayasa Research and Academic Society (TRAS) yang berada di bawah naungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan menggelar pelatihan kesekretariatan

Itu dilakukan agar anggota UKM TRAS Untirta jago dan paham soal administrasi. Pelatihannya sendiri akan berlangsung Sabtu, 11 Mei 2024 mendatang.

Tujuan UKM TRAS Untirta mengadakan pelatihan kesekretariatan itu sebagai upaya meningkatkan soft skill dan hard skill kesekretariatan UKM TRAS sehingga dapat menciptakan kepengurusan administrasi organisasi yang rapi dan profesional.

Diketahui, UKM yang bergerak dalam bidang penelitian dan penalaran ini dibentuk pada 20 Desember 2005 yang pendiriannya dilatarbelakangi oleh keresahan mahasiswa Untirta dalam memperoleh sumber informasi yang memadai dalam bidang penelitian dan penalaran. 

Oleh karena itu, dibentuklah UKM TRAS untuk menjadi wadah pengkajian mengenai penelitian dan penalaran untuk mahasiswa Untirta. UKM TRAS Untirta sendiri memiliki beberapa departemen dan biro, yaitu departemen riset disipliner yang terdiri dari divisi penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat. 

Selanjutnya terdapat departemen human resource development (HRD) yang terdiri dari divisi penjagaan putra-putri, database, dan PPA. Selain itu, terdapat departemen screen media yang terdiri dari divisi pelatihan, divisi publikasi, dan divisi grafis. 

Selanjutnya terdapat dua biro di UKM TRAS ini yaitu biro kestari yang terdiri dari staf ahli beta dan staf ahli PDP. Terakhir terdapat biro fundraising yang tediri dari divisi wirausaha dan divisi relasi. 

Kembali ke soal pelatihan. Direncanakan kegiatan tersebut akan diadakan pada pukul 09.00 - 12.00 WIB dan diadakan via Zoom Meeting. Pemateri pada acara pelatihan kesekretariatan 1 ini yaitu Putri Adela seorang mahasiswi S1 Prodi Akuntansi sekaligus kepala biro administrasi di UKM TRAS. 

Pelatihan ini hanya dapat diikuti oleh anggota UKM TRAS sehingga jika kamu ingin mengikuti pelatihan tesebut kamu harus terdaftar terlebih dahulu sebagai anggota UKM TRAS Untirta. 

Ketua pelaksana kegiatan ini, Bayu Kurnia Yunus, mengatakan bahwa kegiatan ini penting untuk dilaksanakan karena dalam kegiatan ini anggota dapat mempelajari lebih jauh tentang tata cara persuratan yang benar. 

Selain itu, mahasiswa Teknik Metalurgi angkatan 2022 ini juga mengatakan untuk persiapan yang dilakukan dalam kegiatan pada hari Sabtu mendatang ini sudah rampung 90%. 

"Alhamdulillah, sudah 90% sejauh ini, saya bangga dengan teman-teman panitia yang menjalankan tanggung jawabnya dengan baik sehingga progresnya selalu meningkat," jelas Bayu ketika diwawancarai, Rabu 8 Mei 2024. 

Ketika mempersiapkan kegiatan pelatihan kesekretariatan ini terdapat beberapa tantangan yang ditemui oleh pihak penyelenggaraan acara. Namun, Bayu mengatakan kendala tersebut tidak begitu berarti dan dapat diselesaikan dengan baik, seperti kendala dalam bagian tanda tangan yang diperlukan dalam surat dan sertifikat. 

Pada kesempatan yang sama Bayu menyampaikan harapannya tentang Acara Pelatihan Kesekretariatan yang sebentar lagi akan dilaksanakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: