Begini Cara Memilih Hewan Kurban yang Sehat untuk Idul Adha 2024

Begini Cara Memilih Hewan Kurban yang Sehat untuk Idul Adha 2024

Kumpulan hewan kurban sapi--Pinterest/Sahrul ddv

INFORADAR-Hari Raya Idul Adha pada tahun 2024 ini berdasarkan kalender Hijriah yang telah dibuat oleh Kementrian Agama (Kemenag) RI jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024. 

Hari Raya Idul Adha merupakan hari perayaan bagi umat muslim di seluruh dunia untuk memperingati sebuah peristiwa dimana Nabi Ibrahim merelakan putranya untuk dikorbankan sebagai bentuk ketaatan atas perintah Allah. 

Namun, ketika Nabi Ibrahim hendak mengorbankan anaknya kemudian atas kuasa-Nya Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba. Untuk memperingati peristiwa tersebut, masyarakat muslim kemudian menyembelih hewan kurban setiap tahunnya. 

Hari Raya Idul Adha ini diperingati setiap 70 hari setelah perayaan Idul Fitri tepatnya pada tanggal 10 Zulhijah. Selain itu, pada hari-hari Idul Adha ini merupakan hari Tasyrik yang mengharamkan umat muslim untuk berpuasa. 

Biasanya dalam perayaan Hari Idul Adha ini, masyarakat muslim akan melaksanakan shalat Id bersama di masjid kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. 

Biasanya hewan kurban yang telah disembelih sepertiganya akan dikonsumsi oleh keluarga yang melaksanakan kurban tersebut dan sisanya akan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Idul Adha ini juga sering disebut sebagai Idul Haji karena pelaksanaannya bersamaan dengan ibadah haji di tanah suci yang dijalani dengan Wukuf di Padang Arafah. 

Dalam pelaksanaan kurban ini kamu harus memastikan hewan kurban yang akan disembelih telah memenuhi syarat-syarat yang diwajibkan dalam agama dan dalam keadaan sehat sehingga aman dikonsumsi. Untuk itu telah dirangkum beberapa ciri-ciri hewan kurban yang sehat untuk disembelih. 

1. Memiliki nafsu makan yang baik

Ciri-ciri hewan kurban yang sehat pertama adalah memiliki nafsu makan yang baik karena ketika hewan tersebut dalam keadaan sehat maka ia akan aktif untuk mencari makanan dan lahap dalam menyantap makanan yang diberikan. 

Hewan kurban tersebut tidak menolak makanan yang diberikan sehingga tidak mudah terserang penyakit dan membuat berat badannya ideal. 

2. Lincah dalam bergerak

Ciri-ciri hewan kurban yang sehat selanjutnya yaitu aktif dan lincah dalam bergerak. Ketika mereka berjalan mereka akan berjalan dengan lancar dan mempunyai tingkat keseimbangan yang tinggi serta tidak memiliki kesulitan untuk menggerakkan tubuhnya. 

Ketika hewan itu menunjukkan gerakan yang lincah maka menandakan bahwa ia tidak memiliki cedera otot. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: