Ingin Punya Kulit yang Sehat dan Bersinar? Berikut Tips Perawatan yang Harus Kamu Lakukan

Ingin Punya Kulit yang Sehat dan Bersinar? Berikut Tips Perawatan yang Harus Kamu Lakukan

Potret kesehatan kulit yang terganggu.-@freepik-

Merokok juga bisa membuat kulit kekurangan oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk kulit yang sehat, merusak kolagen dan elastin, serat yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. 

Selain itu, ekspresi wajah yang berulang-ulang saat merokok, seperti mengerucutkan bibir atau menyipitkan mata untuk menghalangi asap, juga dapat menyebabkan keriput.

Merokok juga bisa meningkatkan risiko karsinomasel skuamosa. Jika kamu merokok, cara terbaik untuk melindungi kulitmu adalah dengan berhenti merokok.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan tips dan perawatan untuk membantu Anda berhenti merokok.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Stabil

3. Rawat kulitmu dengan lembut

Mencuci dan mencukur setiap hari dapat membuat kulit menjadi keras. Untuk menjaga kulit tetap lembut, kamu sebaiknya membatasi waktu mandi kamu.

Gunakanlah air hangat ketika mandi, bukannya air panas, karena itu dapat membuat kulit menjadi kering.

Hindari sabun yang keras. Sabun dan deterjen yang kuat dapat menghilangkan minyak pada kulit. Pilihlah pembersih yang lembut sebagai gantinya.

Cukurlah dengan hati-hati. Oleskan krimcukur, baik berupa losion atau gel untuk melindungi dan melumasi kulit sebelum bercukur.

Gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam untuk memastikan pencukuran yang bersih dengan mencukurnya sesuai dengan pertumbuhan rambut, bukan sebaliknya.

Tepuk-tepuk hingga kering. Setelah mencucimukaatau mandi, tepuk-tepuk atau keringkan dengan handuk untuk menjaga kelembapan kulit.

Melembabkan kulit kering dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Pelembab dengan SPF direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari.

BACA JUGA:Wanita Wajib Tahu, Berikut Ini Makanan yang Baik untuk Kesehatan

4.Polamakan yang sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mayoclinic.org