Angka Kematian Akibat Jantung Tinggi, untuk Mencegahnya Cukup Lakukan Hal Ini

Angka Kematian Akibat Jantung Tinggi, untuk Mencegahnya Cukup Lakukan Hal Ini

Ilustrasi serangan penyakit jantung pada manusia/Tangkapan Layar Situs Kementerian Kesehatan--

JAKARTA,INFORADAR.ID-Menjalankan pola hidup sehat itu baik untuk kesehatan tubuh dan juga jantung. Sebab penyakit jantung itu datang menyerang pada orang menjalankan pola hidup tidak sehat. 

Angka kematian akibat sakit jantung setiap tahunnya juga terus meningkat diakibatkan pola hidup tidak sehat. Sehingga membuat orang menjadi mudah kena serangan jantung. 

Adapun berdasarkan situs resmi Kementerian Kesehatan, yang dikutip INFORADAR.ID, serangan jantung biasanya disebabkan karena penyakit jantung koroner, yaitu gangguan dimana pembuluh darah jantung tersumbat oleh plak.

Sampai saat ini belum diketahui cara mendeteksi serangan jantung terjadi namun sumber resikonya dapat diketahui dari tekanan darah,  kadar kolestrol,  obesitas,  dan gaya hidup. Serta dari gejalanya yang dirasakan oleh penderita penyakit jantung.

Gejala awal itu jantung berdebar terasa seperti tertekan oleh suatu benda, sesak nafas yang disertai ke luar keringat dingin dan merasakan kesemutan pada lengan, punggung dan juga bagian tubuh lainnya. 

Selain itu, akan merasakan nyeri di bagian dada seperti ada yang menusuk dan juga merasa cepat kelelahan dan kesulitan tidur. Ketika sudah merasakan gejalanya maka untuk mencegahnya disarankan jangan banyak begadang.

Kemudian jangan merokok karena akan memberikan tubuh Anda stres oksidatif yang dapat meningkatkan perkembangan plak lemak di dalam pembuluh jantung koroner. 

Lalu rajin berolahraga,  dan batasi minum alkohol dan lakukan pengontrolan ke dokter ketika mulai merasakan gejalanya.  Kemudian paling penting ialah menjaga pola makan yang sehat. Yaitu pola makan tinggi buah dan sayuran, makanan kaya gandum (oat), kaya sumber protein seperti ikan.

Dan mengonsumsi makanan yang dimakan harus rendah garam dan lemak saturasi.

Hindari juga makan lemak saturasi yang buruk untuk jantung, banyak dijumpai pada junk food dan makanan yang digoreng. Sebaiknya mengonsumsi makanan direbus, dikukus atau dipanggang daripada digoreng. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: