Tidak Hanya Tanpa Rel, Ini Keunggulan Kereta ART yang Akan Menjadi Ikon Transportasi di IKN

Tidak Hanya Tanpa Rel, Ini Keunggulan Kereta ART yang Akan Menjadi Ikon Transportasi di IKN

Potret Kereta ART, Kereta Tanpa Rel yang Akan Menjadi Salah Satu Ikon Transportasi di IKN-@kemenhub151-Instagram

INFORADAR.ID -  Kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) menjadi sorotan sebagai solusi transportasi modern tanpa menggunakan rel. 

Kereta ART ini direncanakan akan menjadi salah satu ikon transportasi di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan berbagai keunggulan. 

Kehadiran kereta ART di IKN tidak hanya sebagai transportasi biasa, tetapi juga sebagai simbol kemajuan teknologi dalam infrastruktur transportasi di Indonesia. 

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih, Ini Ragam Tempat Duduk Kereta Api

BACA JUGA:Pakai Apa Supaya Ketombe Hilang? Ini Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Menteri Perhubungan, Budi Karya mengatakan bahwa kereta tanpa rel ini akan menjadi pilihan transportasi yang lebih murah karena tidak memerlukan rel untuk beroperasi. 

“Secara khusus kereta ini memiliki keunggulan, dia tidak menggunakan rel tetapi hanya menggunakan marka, makanya ini disampaikan autonomous,” ujarnya dikutip dari Instagram @kemenhub151.

“Sejalan dengan hasil rapat dengan Pak Presiden RI bahwa ART akan menjadi transportasi feeder juga bagian pergerakan pada area Sumbu Barat, Sumbu Timur dan beberapa tempat lainnya saat 17 Agustus 2024,” imbuhnya.

Apa itu ART?

Autonomous-rail Rapid Transit atau ART merupakan transportasi publik seperti kereta tetapi berjalan di atas jalan dengan menggunakan virtual track sebagai pemandu. 

BACA JUGA:4 Tips Aman Naik Kereta Api Sendirian Saat Mudik

BACA JUGA:Ini Rangkaian Acara HUT RI ke-79 Tahun 2024 yang Akan Digelar di IKN dan Jakarta

ART berjalan dengan bantuan teknologi Sensor Light Detection and Ranging (LiDAR) dan Global Positioning System (GPS).

Istilah ART digunakan di China, sementara di beberapa negara Eropa menggunakan istilah Trackless Tram, dan di Indonesia menggunakan istilah Trem Otonom (TO) dengan definisi yang sama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: