4 Tips Aman Naik Kereta Api Sendirian Saat Mudik

4 Tips Aman Naik Kereta Api Sendirian Saat Mudik

Tips Naik Kereta Sendirian Saat Mudik--freepik/ tulyawat01

INFORADAR.ID - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi mudik menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. 

Mudik adalah fenomena pulang kampung untuk merayakan Idul Fitri, dan bagi banyak orang, mudik merupakan momen yang sarat akan nilai-nilai kebersamaan, silaturahmi, dan kebahagiaan. 

Untuk melakukan perjalanan mudik, banyak orang yang memilih transportasi umum seperti kereta api sebagai alat transportasi utama.

Ada banyak alasan untuk menggunakan transportasi umum, terutama kereta api.

Salah satunya adalah karena mereka merasa kenyamanan dan keamanan terjamin bahkan dalam perjalanan jauh sekalipun. 

Dibandingkan dengan mengendarai mobil pribadi dalam perjalanan yang melelahkan, kereta api menawarkan pengalaman yang lebih santai dan nyaman. 

Faktor lain yang patut dicatat adalah kecepatan perjalanan, karena relatif singkat dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya.

Namun, saat bepergian dengan kereta api, penting untuk memperhatikan sejumlah hal yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan perjalanan kamu, apalagi jika kamu naik kereta sendirian: 

1. Perhatikan Kursi Kamu 

Pertama-tama, perhatikan pengaturan tempat duduk. Duduklah di kursi yang sesuai dengan tiket yang kamu miliki dan hindari konflik dengan penumpang lain.

Memilih tempat duduk yang tepat akan membuat kamu nyaman selama perjalanan.

2. Jaga Barang Berharga 

Langkah selanjutnya adalah menjaga barang-barang berharga. 

Awasi barang berharga seperti dompet dan ponsel, dan jika kamu harus meninggalkan tempat duduk, titipkan barang bawaan yang besar kepada teman sebangku. 

Tas kecil yang aman untuk barang berharga juga dapat membantu mencegah kehilangan atau pencurian.

BACA JUGA : Tips Aman Berkendara dan Menghemat BBM saat Mudik Lebaran

3. Perhatikan Peringatan 

Ketiga, patuhi peraturan dan peringatan di kereta. Selalu perhatikan petunjuk yang ada di dalam kereta dan jangan melanggar peraturan yang telah ditetapkan demi kenyamanan bersama. 

Dengan mengikuti peraturan, ketertiban dan keamanan perjalanan akan terjamin.

4. Ingat dengan Stasiun Tujuan 

Keempat, jangan lupa stasiun tujuan. Setel alarm atau setel pengingat dekat dengan waktu kedatangan  sehingga kamu tidak melewatkan stasiun tujuan. 

Kamu tentu saja tidak ingin melewatkan stasiun tujuan karena kebablasan bukan?

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, semoga perjalanan mudik dengan kereta api akan berjalan lancar dan menyenangkan bagi para pemudik. Dan bisa sampai ke pulang kampung dengan selamat.(*)

BACA JUGA : Wajib Cek 3 Hal Ini Pada Mobil Jika Ingin Mudik Kamu Aman dan Nyaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: