Keren, Kereta Tanpa Rel Akan Hadir di IKN Loh, Sudah Tahu Belum?

Keren, Kereta Tanpa Rel Akan Hadir di IKN Loh, Sudah Tahu Belum?

Potret Kereta Tanpa Rel yang Akan Uji Coba di IKN-@kemenhub151-Instagram

INFORADAR.ID – Kamu mendengar kabar terbaru mengenai inovasi transportasi di Indonesia belum? Saat ini, kereta tanpa rel yang akan beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) loh. 

Konsep kereta tanpa rel ini menarik perhatian karena merupakan langkah maju dalam dunia transportasi di Tanah Air.

Kereta ini diproyeksikan untuk menjadi solusi transportasi masa depan yang efisien dan ramah lingkungan. Dengan tidak membutuhkan rel khusus, kereta ini dapat lebih fleksibel dalam rute perjalanan serta lebih mudah diintegrasikan dengan infrastruktur yang sudah ada.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih, Ini Ragam Tempat Duduk Kereta Api

BACA JUGA:Pakai Apa Supaya Ketombe Hilang? Ini Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Kereta dengan nama Autonomous Railway Transit (ART) yang dikirim dari Tiongkok ini tiba di Pelabuhan Kaltim Kariangau Terminal Balikpapan, Kalimantan Timur pada 27 Juni 2024 lalu.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa kereta tanpa rel ini akan menjadi pilihan transportasi yang lebih murah karena tidak memerlukan rel untuk beroperasi. 

“Secara khusus kereta ini memiliki keunggulan, dia tidak menggunakan rel tetapi hanya menggunakan marka, makanya ini disampaikan autonomous,” ujar Budi Karya Sumadi dikutip dari Instagram @kemenhub151.

BACA JUGA:4 Tips Aman Naik Kereta Api Sendirian Saat Mudik

BACA JUGA:Ini Rangkaian Acara HUT RI ke-79 Tahun 2024 yang Akan Digelar di IKN dan Jakarta

“Sejalan dengan hasil rapat dengan Pak Presiden RI bahwa ART akan menjadi transportasi feeder juga bagian pergerakan pada area Sumbu Barat, Sumbu Timur dan beberapa tempat lainnya saat 17 Agustus 2024,” tambahnya.

Kereta ini beroperasi tanpa menggunakan rel, sehingga tarifnya lebih murah bagi pemerintah dan konsumen. 

Dibandingkan dengan kereta yang menggunakan rel dan transportasi kereta lainnya, kereta ini menawarkan satu rangkaian dengan 3 gerbong, masing-masing dapat menampung 75 orang. 

Setiap gerbong dilengkapi dengan 12 kursi dan 20 pegangan tangan. Yang menarik, di sisi kanan pintu masuk juga tersedia area khusus untuk kaum disabilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: