Sering Terasa Nyeri Otot Setelah Berolahraga? Ini Penyebabnya, Berikut Cara Menanganinya

Sering Terasa Nyeri Otot Setelah Berolahraga? Ini Penyebabnya, Berikut Cara Menanganinya

Potret orang yang merasa nyeri otot setelah berolahraga.-@freepik-

INFORADAR.ID – Bagi kamu yang sering merasa nyeri otot setelah berolahraga, kamu bisa memperhatikan penyebabnya dan begini cara mengatasinya.

Nyeri otot yang terjadi selama atau setelah berolahraga sering disebut dengan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS). 

Ini adalah kondisi umum yang dialami banyak orang setelah melakukan aktivitas fisik dengan intensitas yang lebih tinggi dari biasanya atau menggunakan otot yang jarang digunakan. 

DOMS biasanya disebabkan oleh kerusakan mikroskopis pada serat otot dan peradangan ringan pada otot. 

Ini terjadi ketika otot terkena lebih banyak tekanan daripada biasanya, terutama dalam latihan kekuatan atau daya tahan. 

BACA JUGA:Berat Badan Kamu Segitu-gitu Aja dan Nggak Ada Perubahan? Lakukan 4 Olahraga Ini Akan Sangat Bermanfaat Bagi K

BACA JUGA:7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Sekali dan Untuk Selamanya: Begini Caranya

Gejala DOMS antara lain nyeri atau kekakuan otot, terutama 24-48 jam setelah berolahraga. Terkadang otot juga terasa lelah atau berat. 

Meskipun tidak dapat sepenuhnya dicegah, penting untuk mengurangi risiko DOMS, seperti memulai dengan olahraga intensitas rendah dan meningkatkannya secara bertahap, melakukan pemanasan sebelum berolahraga, dan menjaga hidrasi yang tepat.

Penting untuk membedakan antara DOMS dan kerusakan otot. Jika nyeri otot itu terasa sangat hebat atau ada pembengkakan atau kelemahan yang nyata, segera konsultasikan dengan profesional medis untuk penanganan lebih lanjut.

Nyeri otot saat berolahraga, seperti DOMS, biasanya menandakan bahwa otot sedang beradaptasi dengan tekanan fisik yang diberikan. 

Dengan mengenali penyebabnya dan merespons dengan cara yang benar, seseorang tidak hanya dapat memastikan bahwa proses pemulihan dan pembentukan otot berjalan dengan baik, tetapi juga terus menjaga konsistensi program latihan.

Untuk menangani nyeri otot setelah berolahraga, kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk meredakan nyerinya yang dilansir dari @gakgendutlagi, antara lain:

BACA JUGA:Mengenali Istilah-Istilah Umum dalam Olahraga, Sudah Tahu Belum?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: