Berikut 5 Rekomendasi Sumber Penghasilan Mahasiswa, Cocok Untuk Cari Cuan

Berikut 5 Rekomendasi Sumber Penghasilan Mahasiswa, Cocok Untuk Cari Cuan

5 Rekomendasi pekerjaan sampingan cocok mahasiswa--www.Freepik/author / freepik

INFORADAR.ID - Mahasiswa memiliki banyak kebutuhan jika dibandingkan dengan pelajar sekolah, terkadang ada sebagian mahasiswa yang tidak ingin merepotkan orang tua dalam memenuhi kebutuhan hidup sebagai mahasiswa. 

Solusi dari pengeluaran mahasiswa tersebut bisa diatasi dengan melakukan pekerjaan sampingan untuk menghasilkan cuan.

Pekerjaan sampingan yang dilakukan oleh mahasiswa seharusnya lebih fleksibel supaya tidak mengganggu jadwal perkuliahan kamu. 

Berikut rekomendasi pekerjaan sampingan bagi mahasiswa tanpa mengganggu waktu perkuliahan, diantaranya yaitu : 

BACA JUGA:Mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan Untirta Sukses Gelar Tekpang Expo 2024

1. Menjadi MC

Untuk menjadi MC biasanya kamu mendapatkan upah rata-rata sekitar Rp 200.000-500.000 / sesi, kamu harus mencari relasi terlebih dahulu, supaya kamu tau jadwal acara/seminar dikampus sehingga kamu bisa menawarkan diri di posisi ini.

Selain itu, kamu harus membuat personal branding melalui media sosial, seperti kamu memposting foto dan dapat membuat profil yang meyakinkan sebagai MC, sehingga secara otomatis orang penting di kampus akan merekrut kamu menjadi MC.

BACA JUGA:Merasa jadi Mahasiswa Salah Jurusan? ini yang Harus Kamu Lakukan

2. Pelatih / Guru Les

Menjadi pelatih / guru les adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan pekerjaan sampingan oleh mahasiswa.

Jika kamu punya keunggulan поп - akademik, kamu bisa menjadi pelatih suatu kegiatan fisik seperti : basket, musik, dll. 

Namun, jika kamu punya keunggulan secara akademik, kamu bisa buat les kecil milik pribadi, bahkan kamu bisa melamar jadi guru bimbel. Gaji yang diperoleh rata-rata mulai dari Rp 2.000.000/bulan.

3. Perlombaan

Penghasilan dari lomba untuk mahasiswa cocok buat kamu, karena mahasiswa dapat mulai melatih kemampuannya dan menemukan passion / lomba yang kamu minati.

Ajang perlombaan namanya kalah dan menang itulah hal yang biasa, yang terpenting kamu bisa belajar dari kekuranganmu dan menemukan kelebihan mu. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kesadaran Pengelolaan Sampah, Dema UIN Banten Ajak Mahasiswa Mulai Mengelola Sampah

4. Freelance

Gaji rata-rata Freelance bisa kamu raih mulai dari Rp1.500.000 / bulan, untuk menjadi Freelance kamu bisa mencari dan apply di website linkedin.com, Freelancer.com, epicareer.com. 

Kamu bisa melakukan personal branding di sosial media, untuk mendapatkan customer diluar dari perusahaan.

Jika kamu mau apply namun gaada pengalaman, kamu bisa ikut pelatihan gratis dari sebuah komunitas, bisa mencari lewat google, media sosial, hingga linkedin. 

BACA JUGA:Mahasiswa dan Dosen MM UNPAM Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Ciwalat Sukabumi

5. Magang / Part-Time

Jika mengikuti program magang kamu harus punya pengalaman untuk di rekrut, jika belum memiliki pengalaman, kalian harus tekun mengikuti organisasi/komunitas maupun kegiatan volunteer untuk mengisi pengalaman di CV.

Untuk Info Magang kamu bisa mencari melalui website Linkedin, Glints, JobStreet, 

Selain magang, kamu bisa bekerja sebagai part time seperti menjadi pelayan, barista, ini cocok untuk mahasiswa supaya tidak mengganggu jadwal peekuliahan kamu.

Berdasarkan rekomendasi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa diatas, kamu bisa memilih yang menurut kamu cocok sesuai kemampuan kamu.

IPK itu juga sangat penting bagi mahasiswa, untuk modal pertama mencari kerja, jadi jangan meremehkan itu, mulailah kejar dan tingkatkanlah nilai IPK kuliah kamu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: