Merasa jadi Mahasiswa Salah Jurusan? ini yang Harus Kamu Lakukan

Merasa jadi Mahasiswa Salah Jurusan? ini yang Harus Kamu Lakukan

-Pinterest-

INFORADAR.ID - Tak sedikit mahasiswa merasa dirinya salah jurusan setelah menjalani perkuliahan, merasa jurusan yang di ambil terasa berat atau tidak cocok.

Beberapa alasan yang membuat mahasiswa merasa salah jurusan seperti  tidak sesuai dengan harapan karir, kurangnya minat pada mata kuliah yang didapat,  lingkungan jurusan yang tidak cocok, tuntutan orangtua dan sebagainya.

Dalam kanal Youtube 'Anak Kuliah' dijelaskan tips yang harus dilakukan untuk kamu yang merasa salah jurusan. Simak penjelasan berikut ini.

 

1. Mencari Tahu Minat dan Bakat

Dengan mengetahui minat dan bakat, kamu akan tahu akan berkarir pada bidang apa nantinya. Banyak cara untuk mengetahui minat dan bakat kamu, mulai dari apa hal yang kamu suku atau menanyakan pada orang terdekat. 

Namun lebih akurat jika kamu mengikuti tes minat dan bakat. Kamu dapat mengikuti tes melalui website ruangguru.com, campus.cuipper.com dan tesminatbakat.pakbudi.id

 

2. Mempelajari dan Berlatih Sesuai Minat dan Bakat

Setelah mengetahui minat dan bakat, selanjutnya adalah mempelajari hal tersebut. Selin belajar di kampus, dengan era canggih ini kamu lebih mudah untuk melakukannya seperti melalui Youtube, Instagram Google dan  platform lainya.

 

3. Masuk Organisasi

Organisasi adalah tempat mahasiswa untuk menambah relasi, pengetahuan dan melatih kemandirian. Jika kamu merasa salah jurusan, relasi menjadi bagian penting karena memperbesar peluang kamu untuk mengembangkan minat dan bakat. Misalnya minat dan bakatmu ada pada jurusan IT dan di organisasi ada mahasiswa dari jurusan IT, kamu dapat belajar banyak dengannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: