Mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan Untirta Sukses Gelar Tekpang Expo 2024

Mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan Untirta Sukses Gelar Tekpang Expo 2024

-Bayu Mentari-

INFORADAR.ID - Mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan (Tekpang) Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) telah sukses menggelar Tekpang Expo 2024 di Stadion Maulana Yusuf pada Minggu (9/6).

Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah serta beragam menjadi latar belakang bagi mahasiswa dan mahasiswi Teknologi Pangan Untirta untuk aktif mengadakan pameran yang cukup banyak menyajikan inovasi olahan keberagaman pangan lokal tersebut.

Sejalan dengan alasan tersebut, Tekpang Expo pada tahun 2024 ini mengangkat tema “Menciptakan dan Mengreasikan Inovasi Pangan Lokal”. Olahan pangan yang disajikan seperti, croissant dari tepung kedelai, bistik dengan daun kelor, dan snack bar dari tepung ubi ungu, serta masih banyak lagi.

Bukan tanpa alasan, melainkan olahan pangan yang dipersembahkan tersebut merupakan representasi dari tema yang diusung serta bertujuan untuk memberi pemahaman pada khalayak bahwa makanan yang terbuat dari olahan rempah-rempah, selain menyehatkan juga memiliki cita rasa yang lezat.

Ketua Pelaksana Tekpang Expo 2024 yang juga merupakan mahasiswa Teknologi Pangan Angkatan 2021, Ariel Inggriantoro berpandangan bahwa Tekpang expo menjadi sarana penunjang pembelajaran ilmu Teknologi Pangan secara praktis.

Selain itu, Ia juga berharap Tekpang Expo 2024 ini tidak hanya menyasar pada mahasiswa saja melainkan juga pada masyarakat, berupa pengetahuan baru dalam dunia pengolahan makanan serta minuman dengan memanfaatkan kekayaan alam Tanah Jawara.

“Memperkenalkan kepada masyarakat bahwa ada loh komponen pengganti untuk kita bikin bolen, seperti tepung, seterusnya ada juga minuman rempah yang enak banget kayak jaseng, ada juga daroze yang terbuat dari soda bunga rosela yang walaupun terbuat dari rempah-rempah namun terdapat perbedaan rasa dengan minuman jamu” ujarnya.

Ketua Program Studi Teknologi Pangan, Zulfatun Najah, S. TP., M. Si pun menjelaskan bahwa pagelaran Tekpang Expo 2024 ini merupakan inovasi dan kreativitas dari mahasiswa serta mahasiswi teknologi pangan itu sendiri. 

Melalui Tekpang Expo 2024 yang merupakan realisasi dari Mata Kuliah Pengembangan Produk Baru, mahasiswa diberi modal untuk mengembangkan produk baru lalu dipasarkan. Ia selalu mendukung dan berkeinginan agar Prodi Teknologi Pangan Untirta dikenal memiliki produk-produk baru yang bisa diadopsi oleh masyarakat. 

Mahasiswa Teknologi Pangan yang juga turut menyukseskan Tekpang Expo 2024, Heriansyah Dwi Prasetya juga ikut menuturkan harapan dirinya terhadap keberlangsungan esensi dari event Tekpang Expo 2024. Ia berharap agar produk pangan yang terbilang baru ini bisa diekspor ke berbagai daerah di Indonesia. 

“Semoga produk-produk pangan baru dari mahasiswa tekpang, tidak sampai sini aja, bisa kita promosiin lagi kalau bisa kita ekspor ke berbagai daerah smoga produk pangan lokal Banten ini bisa terkenal,” jelasnya.

Hanindya yang merupakan salah seorang pengunjung Tekpang Expo 2024, ikut mengutarakan alasan dirinya tertarik untuk singgah dan kemudian memutuskan untuk membeli produk persembahan mahasiswa dan mahasiswi Teknologi Pangan Untirta tersebut. 

“Tertarik karena produk-produk nya unik-unik gitu kan, produk-produk baru, ga yang biasa dijual dipasaran, makanya aku tertarik buat datang kesini” ungkapnya.

Herbarice, adalah olahan pangan yang menurut penuturannya merupakan minuman berbahan dasar rempah seperti beras kencur namun memiliki rasa yang berbeda dan lebih enak daripada minuman beras kencur pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: