Mahasiswa dan Dosen MM UNPAM Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Ciwalat Sukabumi

Mahasiswa dan Dosen MM UNPAM Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Ciwalat Sukabumi

Foto 2 : Foto Bersama Dosen, Mahasiswa, kepala Desa dan Masyarakat.-Mahasiswa-

INFORADAR.ID - Mahasiswa dan dosen magister Manajemen Universitas Pamulang menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Ciwalat, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 2 Juni 2024.

Kegiatan pengabdian ini upaya nyata mahasiswa dalam memajukan masyarakat dengan menerapkan Ilmu Manajemen untuk Peningkatan Kesadaran Masyarakat dengan Pendidikan. 

Dengan tema utama yang mengangkat 'Penerapan Ilmu Manajemen Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Tingkat Pendidikan Sebagai Salah Satu Faktor Utama Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Yang Cerdas dan Manfaat di Desa Ciwalat Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi'.

Mahasiswa Kelas 01S2MM003 V.352 yang terdiri dari 20 mahasiswa terbagi dalam 4 kelompok telah menyelenggarakan beragam kegiatan, berupa Cek Kesehatan, Penyampaian Materi dan Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup yang cerdas, manfaat dan berdaya.

Kelompok pertama fokus pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menuju kemandirian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui kualitas pendidikan, sejalan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). 

Kelompok kedua mengimplementasikan pendidikan digital marketing melalui e-commerce untuk meningkatkan performa bisnis masyarakat setempat.

Sementara itu, kelompok ketiga menitikberatkan pada penerapan ilmu manajemen keuangan guna meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi di Desa Ciwalat. 

Sedangkan kelompok keempat memfokuskan diri pada peningkatan sumber daya manusia melalui potensi yang ada dalam hal sikap peduli lingkungan, dengan harapan masyarakat dapat menjadi edukatif demi tercapainya pembangunan berkelanjutan.

Dalam Kegiatan ini turut didukung oleh Dosen Pembimbing/Pendamping Sebagai Narasumber yang berdedikasi didalam PKM, diantaranya yaitu Dr. Mukrodi, S.sos.i., MM, Dr. Endang Sugiarti, S.E., M.M, Dr. Yayan Sudaryana, M.M., Dr. Kasmad, SE., MM, Dr. Hadi Supratikta, M.M., Dr.H.Sugiyanto.,MM., Dr. Ir. Hj. Hamsinah, M.Si., Dr. Masno Marjohan, SE, MM. 

Dengan kolaborasi antara mahasiswa dan dosen, PKM ini bukan hanya sekedar kegiatan akademis, tetapi juga menjadi wahana nyata bagi mahasiswa untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat khsususnya Desa Ciwalat Sukabumi.

Sehingga Kepala Desa dan Masyarakat Ciwalat Sukabumi Merasa Senang dan Berterima Kasih Kepada Mahasiswa dan Dosen yang telah menyelenggarakan PKM.

Kepala Desa Ciwalat Usep mengaku merasakan banyak manfaat dari kegiatan yang diselenggarakan mahasiswa dan dosen Unpam ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: