Upaya Menjaga Pelestarian Habitat dan Ekosistem di Laut

Upaya Menjaga Pelestarian Habitat dan Ekosistem di Laut

Potret biota laut.-freepik/@LuqueStock-

INFORADAR.ID - Melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya kelautan dan samudera untuk pembangunan berkelanjutan. Dalam rangka mencapai tujuan nasional ekosistem lautan pada tahun 2030, ditetapkan 10 target yang diukur melalui 15 indikator. 

Target-target tersebut terdiri dari tata ruang laut dan pengelolaan wilayah laut berkelanjutan, penangkapan ikan dalam batasan biologis yang aman (MSY) dan pemberantasan IUU fisihing, peningkatan kawasan konservasi perairan dan pemanfaatan berkelanjutan, serta dukungan dan perlindungan nelayan kecil. 

Upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai target-target tersebut dijabarkan pada kebijakan, program dan kegiatan yang akan dilakukan oleh pemerintah maupun organisasi nonpemerintah.

Dalam rangka pemeliharaan sumber daya dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya kelautan untuk pembangunan, serta peningkatan produksi dan kesejahteraan nelayan. 

Ekosistem Lautan difokuskan pada dua arah kebijakan utama, yaitu: (1) pengelolaan pesisir serta pengembangan ekonomi kelautan berkelanjutan, (2) pengelolaan kawasan konservasi perairan.

BACA JUGA:Mau Liburan ke Pantai? Sini ke Pantai Putih Carita, Wisata Pandeglang dengan Air Laut yang Super Jernih

Arah kebijakan tersebut, dilaksanakan melalui upaya-upaya sebagai berikut: (1) Meningkatkan tata kelola sumber daya kelautan, termasuk upaya penataan ruang laut dan harmonisasinya, (2) Meningkatkan konservasi, rehabilitasi dan peningkatan ketahanan masyarakat terhadap bencana di pesisir dan laut, termasuk penambahan luasan kawasan konservasi perairan dan penguatan kelembagaan serta efektivitas pengelolaannya, (3) Mengendalikan IUU fishing dan kegiatan yang merusak di laut, (4) Menguatkan peran SDM dan iptek kelautan serta budaya maritim, (5) Meningkatkan produktivitas, optimalisasi kapasitas dan kontinuitas produksi perikanan, termasuk alokasi yang proporsional antara stok sumber daya ikan, serta penyediaan dan pengembangan teknologi penangkapan ikan yang efisien dan ramah lingkungan.

Tujuan menjaga ekosistem laut adalah untuk mempertahankan keseimbangan alaminya, melindungi keanekaragaman hayati, dan memastikan berlanjutnya fungsi-fungsi ekosistem laut yang penting. Beberapa tujuan kunci dalam menjaga ekosistem laut meliputi:

Pemulihan populasi ikan: Memastikan populasi ikan tetap sehat dan berkelanjutan adalah tujuan penting dalam menjaga ekosistem laut. Overfishing (penangkapan ikan berlebihan) dapat mengancam populasi ikan dan mengganggu rantai makanan laut.

Keseimbangan ekosistem: Ekosistem laut memiliki keterkaitan yang kompleks antara berbagai spesies dan lingkungan fisiknya. Menjaga Keseimbangan ekosistem melibatkan perlindungan habitat-habitat penting, seperti terumbu karang, padang lamun, dan hutan bakau, yang berperan dalam menyediakan tempat berlindung, tempat berkembang biak, dan sumber makanan bagi berbagai spesies laut.

Perlindungan terhadap polusi dan kerusakan lingkungan: Menjaga ekosistem laut juga berarti melindungi laut dari polusi dan kerusakan lingkungan. 

Limbah industri, limbah rumah tangga, minyak dan bahan kimia yang tidak terkendali, serta dampak perubahan iklim dapat merusak ekosistem laut dan mengancam kehidupan laut.(*)

BACA JUGA:Tak Cuma Laut, Ini Keindahan yang Menakjubkan di Pulau Peucang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: