Jangan Asal Pakai, Ketahui Manfaat Retinol Untuk Wajah dan Cara Pakainya

Jangan Asal Pakai, Ketahui Manfaat Retinol Untuk Wajah dan Cara Pakainya

Ilustrasi Wanita Menggunakan Skincare Retinol--freepik

INFORADAR.ID - Retinol, salah satu bentuk vitamin A yang ditemukan dalam makanan, sering kali menjadi bahan utama dalam produk perawatan kulit wajah, terutama yang mengklaim diri mereka sebagai produk anti-penuaan.

Manfaat utama retinol termasuk kemampuannya untuk memperbaiki kerusakan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan wajah seperti garis-garis halus dan kerutan.

Selain fungsi utama ini, retinol juga dianggap dapat mengobati masalah kulit lainnya seperti jerawat dan pigmentasi. 

Namun, penting untuk menggunakan retinol dengan hati-hati, terutama untuk kulit sensitif, karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan harus dihindari selama kehamilan dan menyusui.

Retinol adalah jenis retinoid yang tersedia secara komersial. 

Retinoid adalah sekelompok senyawa yang berasal dari vitamin A dan digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit yang biasa dialami oleh orang dewasa, termasuk jerawat.

Berlawanan dengan beberapa mitos populer, retinol tidak bekerja dengan cara mengangkat lapisan kulit mati secara langsung. 

Sebaliknya, molekul kecil yang membentuk retinol dapat menembus jauh ke dalam lapisan epidermis dan dermis kulit. 

Di sini, retinol menghentikan aksi radikal bebas yang merusak kulit dan menstimulasi produksi elastin dan kolagen. Hal ini menghasilkan kulit yang lebih kencang, kenyal, dan segar.

Manfaat retinol berkisar dari memperbaiki garis-garis halus dan kerutan hingga mencerahkan pigmentasi seperti melasma. 

BACA JUGA : 7 Tips Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Bahkan, retinol juga dikenal untuk mengobati peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan mengurangi tampilan pori-pori besar.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan retinol tidak dianjurkan untuk semua orang. 

Orang dengan kulit sensitif, mereka yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan yang memadai, dan wanita hamil atau menyusui harus menghindari penggunaan retinol.

Selain itu, beberapa zat aktif seperti vitamin C, benzoyl peroxide, dan AHA/BHA (salicylic acid) tidak boleh dicampur dengan retinol.

Ketika mulai menggunakan retinol, sebaiknya diberikan secara perlahan pada kulit beberapa kali dalam seminggu dengan selang waktu yang tepat di antara produk lain yang tidak mengandung bahan yang tidak boleh disamakan dengan retinol. 

Potensi efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan retinol termasuk kulit kering, kemerahan dan gatal. 

Namun, efek ini biasanya hilang setelah beberapa minggu penggunaan. Jika masih berlanjut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Penting juga untuk menggunakan retinol hanya pada malam hari dan mengoleskan Sunscreen di pagi hari. 

Pemahaman yang baik tentang cara menggunakan retinol dan manfaatnya akan membantu memastikan perawatan kulit yang optimal.(*)

BACA JUGA : Rekomendasi Vitamin yang Dapat Membantu Menambah Nafsu Makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: