Tingkatkan Pemberdayaan UMKM, KKM 26 UNIBA Pimpin Inisiatif Penerbitan NIB Bagi Para Pegiat UMKM Desa Linduk

Tingkatkan Pemberdayaan UMKM, KKM 26 UNIBA Pimpin Inisiatif Penerbitan NIB Bagi Para Pegiat UMKM Desa Linduk

Potret KKM 26 UNIBA bantu pegiat UMKM Desa Linduk dalam penomoran NIB.-pict/kkm26uniba-

INFORADAR.ID – Sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM), KKM 26 Universitas Bina Bangsa (UNIBA)  telah memperakasai inisiatif untuk memfasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Linduk pada hari Rabu (02/08/23).

Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM masyarakat sekitar.

Sulhi yang merupakan salah satu koodinator programa KKM kelompok 26 UNIBA mengungkapkan pentingnya NIB bagi masyarakat yang menjalankan usahanya.

"Inisiatif ini berawal dari kesadaran kami akan pentingnya NIB dalam mendukung UMKM untuk mengakses berbagai peluang bisnis dan sumber daya," ungkap Sulhi.

Banyak pelaku UMKM di desa setempat yang belum memiliki NIB karena prosesnya yang dianggap rumit atau kurangnya informasi.

Bekerjasama dengan pemerintah setempat dan berbagai stakeholder lainnya, mahasiswa KKM 26 UNIBA melakukan pendampingan langsung kepada para pelaku UMKM dengan menyelenggarakan pelatihan tentang manfaat dan proses pendaftaran NIB, serta memfasilitasi pengajuan NIB melalui sistem Online Single Submission (OSS).

Ketua UMKM Desa Linduk, Suba'i menyatakan apresiasi atas inisiatif mahasiswa KKM 26 UNIBA atas program kerja yang berlangsung.

"Kami berterima kasih kepada mahasiswa KKM 26 UNIBA yang telah membantu UMKM di desa kami untuk mendapatkan NIB. Ini merupakan langkah penting dalam pemberdayaan ekonomi lokal," tutur Suba’i.

Diharapkan dengan adanya inisiatif ini, UMKM di Desa Linduk dapat tumbuh dan berkembang lebih optimal, serta berkontribusi lebih besar dalam pengembangan ekonomi lokal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: