Hubungan Kamu Toxic Gak Nih? Cek di Sini

Hubungan Kamu Toxic Gak Nih? Cek di Sini

Ilustrasi sepasang kekasih -Sumber dan design : Freepik -

4. Manipulasi dan permainan pikiran

Salah satu atau kedua belah pihak dapat menggunakan manipulasi emosional, pemerasan, atau ancaman untuk mencapai tujuan mereka.

5. Hilangnya batasan pribadi

Dalam hubungan toxic, privasi dan batasan pribadi sering diabaikan, dan seseorang mungkin merasa terjebak atau tidak memiliki ruang untuk diri sendiri.

Terlibat dalam hubungan toxic dapat menyebabkan banyak dampak negatif pada kesehatan emosional, hal itu terlihat pada beberapa hal yang terjadi pada kondisi mental seperti di bawah ini :

1. Penurunan harga diri

Dalam hubungan toxic, sering kali ada perasaan tidak berharga atau merasa tidak dihargai.

2. Kecemasan dan depresi

Pola interaksi yang merugikan dapat menyebabkan tingkat kecemasan dan depresi yang tinggi pada salah satu atau kedua belah pihak.

3. Stres kronis

Konflik dan ketegangan yang berulang dapat menyebabkan stres kronis, yang berdampak negatif pada kesehatan fisik dan emosional.

4. Isolasi sosial

Hubungan toxic dapat menyebabkan isolasi sosial, di mana seseorang mungkin merasa terpisah dari keluarga dan teman-teman karena kontrol yang berlebihan dari pasangan mereka.

5. Kerugian kualitas hidup

Kehidupan yang terjebak dalam hubungan toxic seringkali tidak bahagia dan mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: