Kenali Apa Saja Fungsi dan Kerja Humas dalam Sebuah Event Kegiatan

Kenali Apa Saja Fungsi dan Kerja Humas dalam Sebuah Event Kegiatan

Ilustrasi kinerja humas dalam sebuah acara dan event yang terselenggara. -pixabay/@geralt-

INFORADAR.ID – Kalian pasti sering sekali mendengar istilah humas ketika kalian mengikuti sebuah event di sekolah atau di kampus.

humas biasanya ada dalam setiap event kegiatan yang digelar. humas ini sendiri merupakan kependekan dari Hubungan Masyarakat.

humas ini menjadi salah satu bidang terpenting dalam sebuah organisasi atau kegaitan yang digelar guna mengenalkan dan mensosialisasikan kegiatan yang akan digelar tersebut.

Seseorang yang menjadi praktisi humas harus menjaga hubungan yang baik antara internal dan eksternal sebuah organisasi dan event.

Simaklah penjelasan berikut yang memaparkan tentang peran penting humas dalam setiap event kegiatan yang akan digelar:

1. Komunikator

Sebagai komunikator yang baik, seorang praktisi humas harus mendistribusikan dan menginformasikan detail rencana dan tujuan event kepada setiap kepala departemen agar event tersebut diputuskan untuk diselenggarakan dan berjalan lancar.

2. Mediator

Menjadi seorang mediator berarti seorang praktisi humas menjembatani dan menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan publik, internal perusahaan, ataupun media agar citra baik perusahaan terjaga.

3. Turut serta dalam menyusun acara

Seorang praktisi humas harus tahu betul mengenai alur dan detail sebuah acara atau event, agar dapat menyampaikannya dengan baik kepada publik dan stakeholder lainnya atas event kegiatan yang akan digelar

4. Pembuat berita dan press relase

Setelah acara atau event berlangsung, humas harus membuat press realise atau tulisan artikel berita yang nantinya dipublikasikan melalui media-media untuk menyiarkan berita acara yang telah dibuatnya itu.

5. Pendukung kegiatan promosi

humas membantu mempromosikan acara agar publik tertarik dan puas dengan acara tersebut. Kemudian, humas juga membentuk opini publik dengan cara mengemas pesan sesuai dengan tujuan promosi.

Nah, itulah beberapa perang humas dalam sebuah acara atau event yang digelar, sehingga humas menjadi salah satu bidak yang harus berperan aktif mensukseskan acara yang tengah berjalan.(*)

 

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: