Kenali 4 Tipe Gaya Komunikasi yang Perlu Kamu Tahu

Kenali 4 Tipe Gaya Komunikasi yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi : Seseorang dengan gaya komunikasi asertif. -pixabay/@mohamed_hassan-

INFORADAR.ID – Guys, komunikasi menjadi salah satu aktivitas yang tidak dapat ditinggalkan oleh kita dalam keseharian kita dengan gaya komunikasi yang berbeda. 

Gaya komunikasi yang tentunya berbeda ini sangat mempengaruhi cara juga seperti apa kita berkomunikasi antar sesama yang dilakukan.

Gaya komunikasi memberikan makna untuk mendapatkan respon atau tanggapan tertentu dalam keadaan tertentu juga.

Penting sekali memahami setiap gaya komunikasi yang biasa digunakan oleh setiap orang yang berbeda, sehingga kita bisa memahami karakteristis dari setiap gaya, frasa standarm serta keunikan dari masing-masing komunikator. 

Gaya komunikasi yang dapat berubah karena faktor emosi yang sedang dialami, baik ketika gembira, sedih, marah, tertaris atau bosan.

Adapun tipe gaya komunikasi setiap orang ini, diantaranya: Agresif, Pasif Agresif, Asertif dan juga Pasif. Yuks simak lebih jelas pemaparan keempat gaya komunikasi itu:

1. Agresif

Gaya komunikasi agresif ini sering terlihat ketika seseorang berkomunikasi dengan cara yang agresif.

Pada gaya komunikasi ini sering mengeluarkan perintah, mengajukan pertanyaan dengan nada yang kasar dan tidak bisa terlalu fokus mendengarkan orang lain.

Gaya komunikasi agresif ditekankan dengan berbicara bernada keras dan menuntur. Orang dengan ini, menggunakan kontak mata yang intens dan cenderung mengendalikan orang lain dengan cara mengkritik.

Orang dengan gaya komunikasi ini, cenderung keras kepala dan sangat tegas akan keputusannya.

2. Pasif Agresif

Gaya komunikasi pasif-agresif ini akan terlihat pasif di permukaan, namun secara internal mereka merasa tidak berdaya atau terjebak.

Dengan gaya komunikasi ini, mampu membangun kebencian yang mengarah pada tindakan yang secara halus dan tidak langsung.

Gaya komunikasi pasif-agresif ini memang terlihat kooperatif, namun dapat melakukan hal yang sebaliknya secara diam-diam.

Orang yang dengan gaya komunikasi ini memang tidak terlalu peka akan kebutuhan orang lain yang meskipun dia memberikan pemahaman tentang keadaannya nanti.

3. Asertif

Gaya komunikasi arsetif ini dianggap sebagai bentuk komunikasi yang sangat efektif dengan menampilkan hubungan komunikasi yang terbuka tanpa bersikap sombong dengan tujuan untuk menyeimbangkan.

Salah satu orang dengan gaya komunikasi ini menunjukkan perasaan dan perilaku yang tanpa menyalahkan orang lain.

4. Pasif

Orang dengan gaya komunikasi yang satu ini cenderun glebih diam dan pendiam. Dia tidak menyukai perdebatan dan merasa tidak perlu membagikan pendapatnya dengan orang lain.

Ciri-ciri seseorang dengan gaya komunikasi seperti ini sulit mengatakan tidak, kurang kontak saat berkomunikasi dan cenderung lebih suka mengatakan kata maaf dan selalu menyetujui keputusan tanpa mengemukakan pendapatnya.

Itulah beberapa gaya komunkasi yang ada pada setiap orang dan bisa dirasakan di mana dan kapan saja juga oleh siapa saja sesuai dengan situasi dan kondisi orang itu.(*)

 

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: