Ingin Olahragamu Membuahkan Hasil Maksimal? Konsumsilah Makanan Ini Sebelum dan Setelah Berolahraga

Senin 15-01-2024,10:27 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Perhatikan dengan baik beberapa aturan sebelum kamu akan berolahraga, agar kamu bisa memiliki persiapan yang cukup matang sebelum berolahraga.

Jantung membutuhkan olahraga dan apa yang kamu makan sebelum, selama dan setelah berolahraga dapat mempengaruhi performa dan kondisi fisik kamu.

Untuk menyesuaikan apa yang kamu makan sebelum dan sesudah berolahraga, kamu perlu memperhatikannya dengan baik agar tidak memiliki kesalahan yang fatal.

Banyak macam olahraga yang bisa dilakukan oleh setiap orang, di mana hal itu ditentukan oleh masing-masing pribadi dan dilihat dari kemampuan yang bisa dilakukannya.

Selain hanya berolahraga, tentunya perlu adanya supan sebagai pendukung berjalannya proses latihan yang tentunya juga harus disesuaikan dengan olahraga seperti apa yang sedang kamu jalani.

Misalnya, seseorang yang melakukan latihan interval intensitas tinggi atau latihan beban perlu makan lebih banyak daripada pejalan kaki pemula.

Orang yang ingin menurunkan berat badan harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang mereka konsumsi.

Kamu bisa meminum smoothie 500 kalori setelah satu jam latihan beban boleh-boleh saja jika kamu ingin membentuk otot, tapi tidak disarankan jika kamu ingin menurunkan berat badan.

kamu menyesuaikan pola makan berdasarkan beberapa faktor tertentu. Namun, ada baiknya untuk memberikan panduan umum bagi mereka yang melihat olahraga sebagai bagian dari rencana kesehatan jantung.

BACA JUGA:Ini Dia Makanan dan Kandungan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi Menjadi Normal Kembali

Makanan Sebelum Berolahraga

Hidrasi sangat penting ketika kamu akan berolahraga. Kamu bisa memilih air kelapa atau air putih daripada minuman yang tinggi kalori dan gula.

Makanlah hanya apa yang biasa kamu makan dengan catatan yagn ringan saja. Tapi ingatlah sebelum berolahraga bukanlah waktu yang tepat untuk mengonsumsi smoothie yang justru itu akan membuat kamu tidak nyaman saat berolahraga.

Idealnya, kamu harus makan setidaknya satu setengah hingga dua jam sebelum berolahraga. Namun, jika kamu ingin makan lebih dekat dengan waktu olahraga, konsumsilah camilan kecil yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein, misalnya seperti selai kacang dan pisang, yoghurt, dan granola.

Jika kamu bekerja penuh waktu dan berolahraga di malam hari, pertimbangkan setelah makan siang sebagai waktu makan sebelum berolahraga.

Kategori :