Ini Dia Makanan dan Kandungan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi Menjadi Normal Kembali

Jumat 12-01-2024,20:22 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

Adanya kacang almond, kenari, kacang tanah dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung; mengonsumsi 2 ons kacang-kacangan sehari dapat mengurangi LDL sekitar 5%. Ada nutrisi pelindung jantung lainnya dalam kacang-kacangan.

3. Minyak Nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari dan safflower sebagai pengganti mentega, lemak babi dan mentega dalam memasak dan di meja dapat membantu menurunkan LDL.

4. Buah-buahan

Apel, anggur, stroberi, dan buah jeruk merupakan beberapa buah-buahan yang kaya akan pektin, sejenis serat larut yang dapat menurunkan LDL.

Buah-buahan yang kaya akan serat ini akan sangat bermanfaat dan akan mendorong penurunan kolesterol secara signifikan jika dikonsumsi dengan teratur.

5. Makanan dengan Kandungan Sterol dan Stanol

Sterol dan stanol dari tanaman dapat mencegah tubuh menyerap kolesterol dari makanan. Kandungan ini biasa ditambahkan ke berbagai jenis makanan, mulai dari margarin dan granola batangan hingga jus jeruk dan cokelat. 

Kandungan ini juga biasanya tersedia sebagai suplemen. Dua gram sterol atau stanol tanaman per hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.

BACA JUGA:Kenali Ciri-ciri Jika Kamu Terkena Kolesterol, Cegah Sebelum Semakin Parah

6. Kacang Kedelai

Mengkonsumsi kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, pernah dianggap sebagai cara yang ampuh untuk menurunkan kolesterol. 

Mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari sehari (10 ons tahu atau dua setengah cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% hingga 6%.

7. Ikan 

Makan ikan dua hingga tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan dua cara: Dengan mengganti daging, yang mengandung asam lemak jenuh yang meningkatkan LDL, dengan asam lemak omega-3 yang menurunkan LDL. 

Lemak omega-3 mengurangi trigliserida dalam darah dan juga melindungi jantung dengan mencegah perkembangan irama jantung yang tidak normal.

Kategori :