Ini Dia Makanan dan Kandungan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi Menjadi Normal Kembali

Jumat 12-01-2024,20:22 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Mengubah apa yang kamu makan dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan jumlah lemak yang beredar dalam darah. 

Cara terbaik untuk mencapai diet rendah kolesterol adalah dengan menambahkan makanan yang dapat menurunkan LDL, partikel pembawa kolesterol berbahaya yang menyebabkan aterosklerosis yang menyumbat arteri.

Makanan yang berbeda menurunkan kolesterol dengan cara yang berbeda. Serat larut dapat mengikat kolesterol dan prekursornya dalam saluran pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum memasuki sirkulasid.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang secara langsung menurunkan LDL.

Terdapat juga makanan yang mengandung pitosterol dan stanol yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Untuk menurunkan kolesterol LDL, konsumsilah makanan berikut ini:

1. Gandum

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi sereal dingin berbahan dasar gandum seperti oatmeal atau Cheerios untuk sarapan. 

Dengan menyediakan 1 hingga 2 gram gandum seperti di dalam oatmilk yang berbahan dasar dari gandum itu sendiri, sehingga bisa menjadi sumber antioksidan penurun kolesterol yang baik. 

Ketika pisang atau stroberi ditambahkan, ini bisa dijadikan sebagai salah satu menu makan yang sangat rekomendasi, di mana adanya asupan harian 20-35 gram serat. 

BACA JUGA:Punya Permasalahan Kolesterol yang Terlalu Tinggi? Ubah Pola Hidupmu dengan Cara Ini

2. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan sangat kaya akan serat larut, di mana kacang ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama setelah makan. 

Inilah alasan kacang-kacangan menjadi satu alasan yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. 

Ada banyak jenis kacang-kacangan, termasuk kacang merah, kacang tanah, lentil, garbanzo dan masih banyak lagi, di mana kacang-kacangan itu dapat diolah dengan berbagai cara.

Kategori :