5 Langkah Mencegah dan Mengurangi Gejala Penyakit Asam Lambung dan Gerd, Terapkan Segera!

5 Langkah Mencegah dan Mengurangi Gejala Penyakit Asam Lambung dan Gerd, Terapkan Segera!

Potret orang yang mengalami asam lambung dan gerd.-freepik/@8photo-

2. Jaga Berat Badan Ideal

Jagalah berat badan yang sehat, sehingga dapat mengurangi tekanan pada perut dan risiko refluks asam karena kondisi tubuh yang terlalu berlebih.

Jagalah berat badan agar bisa lebih ideal dan dapat mengurangi frekuensi dan intensitas gejala asam lambung untuk meningkat.

BACA JUGA:Manfaat Minum Teh Serai untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Ini Khasiatnya

BACA JUGA:Undip Membantah Kematian dr Aulia Risma Lestari Karena Bullying PPDS, Almarhum Punya Masalah Kesehatan

3. Berhenti Merokok


Potret rokok yang harus dikurangi. -pixabay/@NoblePrime-

Untuk mengurangi gejal, berhentilah merokok untuk mengurangi risiko melemahnya sfingter esofagus bagian bawah, sehingga dapat menjadi peyebab asam lambung naik.

Untuk itu, maka berhentilah untuk merokok dan nantinya dapat membantu memperbaiki fungsi sfingter esofagus dan mengurangi gejala refluks.

4. Kurangi Stres

Praktikkan teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, atau pernapasan dalam-dalam untuk mengurangi stres sehingga dapat mempengaruhi produksi asam lambung.

Untuk itu, kelolalah stres, sehingga hal itu dapat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas terjadinya gejala asam lambung.

5. Kenakan Pakaian Longgar dan Tinggikan Kepala Saat Tidur

Gunakanlah pakaian longgar di sekitar perut untuk mengurangi tekanan pada perut. Tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi menggunakan bantal tambahan.

Dengan menggunakan pakaian longgar dan tidur dengan kepala lebih tinggi, hal itu tentunya dapat membantu mencegah asam lambung naik ke esofagus.

Itulah merupakan lima langkah yang perlu kamu lakukan agar kamu tidak dengan mudah mengalami asam lambung naik atau mengalami gerd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: