5 Langkah Mencegah dan Mengurangi Gejala Penyakit Asam Lambung dan Gerd, Terapkan Segera!

5 Langkah Mencegah dan Mengurangi Gejala Penyakit Asam Lambung dan Gerd, Terapkan Segera!

Potret orang yang mengalami asam lambung dan gerd.-freepik/@8photo-

INFORADAR.ID – Teruntuk kamu yang memiliki penyakit asam lambung dan gerd, wajib memperahtikan artikel ini hingga tuntas.

Penyakit asam lambung dan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan salah satu kondisi medis yang terkait dengan gangguan pencernaan yang memengaruhi sistem pencernaan, khususnya lambung dan kerongkongan. 

Keduanya terkait dengan masalah keseimbangan asam dalam sistem pencernaan dan dapat berdampak signifikan pada kesehatan fisik secara keseluruhan.

Penyakit asam lambung adalah suatu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan gejala-gejala yang tidak nyaman seperti mual, sakit tenggorokan dan batuk.

Gejala-gejala ini sering kali disebabkan oleh sfingter esofagus bagian bawah yang lemah, karena otot yang mencegah asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

BACA JUGA:7 Manfaat Kencur Mentah untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Membantu Menurunkan Berat Badan

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Bisa untuk Melawan Penyakit Mematikan

Adapun gerd adalah bentuk refluks asam lambung kronis yang lebih parah. Ini terjadi ketika asam lambung secara teratur mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan peradangan dan kerusakan pada lapisan kerongkongan.

GERD tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas hidup. Gejala GERD meliputi seringnya mulas, refluks asam lambung, kesulitan menelan dan nyeri dada.

Perlu dilakukannya mencegah terjadinya asam lambung dan mengalami gerd, sebagaimana yang dipaparkan oleh seorang creator kesehatan @dandykurniawann_ dalam unggahannya, antara lain:

1. Mengatur Pola Makan


Potret pola makan yang sehat.-pixabay/@Pexels-

Untuk mencegahnya, kamu harus makan dalam porsi kecil tetapi sering, hindari makanan pedas, berlemak, asam, cokelat, dan kafein. 

Kurangilah atau hindari minuman beralkohol dan berkarbonasi, karena itu akan menjadi pemicu terjadinya asam lambung atau gerd.

Janganlah makan terlalu cepat dan kunyahlah makanan dengan baik. Tunggu setidaknya 2 sampai 3 jam setelah makan dan jangan dulu berbaring atau tidur setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: