Percaya Atau Tidak, Warna Lidah Bisa Memperlihatkan Kondisi Kesehatanmu? Begini Macam-Macam Warnanya!

Percaya Atau Tidak, Warna Lidah Bisa Memperlihatkan Kondisi Kesehatanmu? Begini Macam-Macam Warnanya!

Potret orang yang memiliki lidah yang sehat.-freepik-

Selain itu, ada beberapa kondisi yang menyebabkan lidah kita menjadi berwarna putih, seperti leukoplakia dan lichen lanus oral.

3. Lidah dengan Warna Merah 

Lidah yang berwarna merah pada umumnya menjadi ciri bahwa kamu sedang kekurangan vitamin B3, vitamin B12, atau vitamin B9. 

Lidah yang berwarna merah juga bisa saja dikarenakan adanya penyakit serius. seperti demam scarlet yang biasanya terjadi pada anak-anak.

BACA JUGA:Ini 12 Kriteria Fasilitas KRIS Pengganti Kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan

BACA JUGA:9 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya untuk Menurunkan Kadar Kolesterol?

4. Lidah dengan Warna Hitam yang Disertai Bulu

Pada umumnya, sebagian orang memang memiliki papil lidah yang tumbuh lebih panjang, sehingga memungkinkan lidah menampung banyak bakteri. saat lidah dipenuhi dengan bakteri, lidah akan terlihat menjadi lebih gelap atau berwarna hitam.

Tetapi, kondisi seperti ini hanya sedikit ditemui dan keadaan ini biasanya terjadi pada orang yang tidak pernah menjaga kesehatan dan kebersihan mulut.

Selain itu, biasanya pada penderita diabetes juga memiliki kondisi lidah seperti ini, atau bisa jadi orang tersebut sedang menjalankan kemoterapi.

5. Lidah dengan Warna Merah atau Ungu

Orang yang memiliki masalah pada jantung dan sirkulasi darah yang buruk, biasanya akan memiliki lidah dengan warna biru atau ungu. 

Hal itu disebabkan karena jantung tidak memompa darah secara normal atau mungkin darah kekurangan oksigen, sehingga bibir dan lidah menjadi berwarna biru atau keunguan.

Selain adanya masalah pada jantung dan sirkulasi darah yang buruk, hal ini bisa saja terjadi karena terdapat masalah pada paru-paru atau penyakit ginjal.

6. Lidah dengan Warna Abu-Abu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: