Jangan Salah Penanganan, Inilah Tips Ampuh Redakan Perut Kembung dengan Mudah dan Nyaman

Jangan Salah Penanganan, Inilah Tips Ampuh Redakan Perut Kembung dengan Mudah dan Nyaman

Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung -Pinterest/Hello Sehat-

INFORADAR.ID - Perut kembung seringkali menjadi gangguan pencernaan yang dialami banyak orang. Pada kondisi ini seseorang akan merasakan sensasi penuh pada perutnya dan tekanan dibagian perut.

Meskipun kondisi ini akan hilang dengan sendirinya. Namun, kondisi perut kembung ini dapat membuat seseorang terganggu dalam menjalani aktivitasnya sehingga memerlukan beberapa penanganan yag tepat. Namun, sebelum itu kita harus mengetahi terlebih dahulu penyebab serta gejalanya. 

Pengertian Perut Kembung 

Melalui penjelasan yang dibagikan oleh tim medis Siloam Hospitals, perut kembung merupakan keadaan dimana terjadi penumpukan gas dalam perut yang menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman. Biasanya kondisi ini muncul ketika kita sedang makan dan minum ataupun ketika menelan air liur karena pada saat melakukan aktivitas tersebut akan ada sedikit udara yang masuk ke dalam tubuh dan sistem pencernaan. Namun, pada saat jumlah udara yang masuk terlalu banyak maka akan terjadi penumpukan gas sehingga membuat perut menjadi mual dan kembung. 

Gejala Umum Perut Kembung 

Perut kembung sering kali menimbulkan berbagai rasa tidak nyaman yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala utama dari perut kembung adalah perasaan penuh dan tertekan di area perut yang bisa membuat perut tampak membesar. Selain itu, sering terdengar bunyi gemuruh atau bergetar dari perut yang merupakan tanda bahwa gas sedang bergerak di dalam sistem pencernaan.

Rasa nyeri atau ketidaknyamanan di bagian perut juga umum terjadi, sering kali disertai dengan perasaan seolah-olah perut terlalu penuh, meskipun kamu tidak makan dalam porsi besar. Pada beberapa kasus, frekuensi sendawa bisa meningkat, sebagai usaha tubuh untuk mengeluarkan gas yang terperangkap. Selain itu, peningkatan frekuensi buang angin juga sering terjadi yang merupakan cara tubuh untuk mengatasi penumpukan gas. Semua gejala ini dapat bervariasi dalam intensitasnya dan jika tidak ditangani dengan baik maka perut kembung dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang berkepanjangan.

Penyebab Perut Kembung 

Perut kembung adalah masalah pencernaan yang umum terjadi dan sering disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi sistem pencernaan. Salah satu penyebab utama perut kembung adalah proses pencernaan makanan yang tidak optimal. Ketika tubuh tidak mampu memecah komponen makanan tertentu seperti gluten atau gula dalam produk susu dan buah, gas seperti hidrogen, karbon dioksida, dan metana dapat terbentuk. Penumpukan gas ini menyebabkan rasa penuh dan tidak nyaman di perut.

Kebiasaan makan juga dapat menyebabkan perut kembung. Makan terlalu cepat, sering mengonsumsi makanan berlemak, makan sambil berbicara, atau makan dalam porsi besar dapat meningkatkan jumlah udara yang tertelan dan gas yang terbentuk dalam perut.

Selain faktor kebiasaan makan, gangguan kesehatan tertentu dapat memicu perut kembung. Maag, atau dispepsia, misalnya, adalah kondisi yang menyebabkan nyeri perut, mual, dan perut kembung, sering disertai sensasi perih dan sendawa. Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama siklus menstruasi pada wanita, juga dapat menyebabkan perut kembung.

Kekurangan enzim pencernaan yang penting untuk memecah makanan menjadi nutrisi yang dapat diserap tubuh juga bisa menyebabkan penumpukan gas dan perut kembung. Infeksi bakteri seperti bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan tukak lambung dan menghasilkan gas berlebih adalah faktor lain yang perlu diperhatikan. Selain itu, iritasi usus besar atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) sering kali terkait dengan perut kembung. IBS bisa dipicu oleh berbagai faktor seperti alergi makanan, stres, atau infeksi bakteri, yang semuanya dapat mengganggu proses pencernaan dan menyebabkan perut kembung. 

BACA JUGA:Penderita Insomnia Merapat! Ini 7 Tips Tidur untuk Penderita Insomnia, Kamu Bisa Lakukan Ini

Tips Ampuh Mengatasi Perut Kembung dengan Mudah dan Nyaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: