Jangan Salah Penanganan, Inilah Tips Ampuh Redakan Perut Kembung dengan Mudah dan Nyaman

Jangan Salah Penanganan, Inilah Tips Ampuh Redakan Perut Kembung dengan Mudah dan Nyaman

Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung -Pinterest/Hello Sehat-

Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan perut kembung. Kamu bisa membuat air jahe dengan melarutkan bubuk jahe dalam air panas atau merebus irisan jahe segar. Jahe juga membantu mengatasi mual dan memperbaiki pencernaan secara keseluruhan.

8. Konsumsi Probiotik

Probiotik seperti yang terdapat dalam yogurt dan tempe dapat membantu menyeimbangkan bakteri baik dalam usus dan memperbaiki pencernaan. Menambahkan probiotik dalam dietmu dapat membantu mengurangi perut kembung dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

9. Batasi Makanan Pemicu Gas

Beberapa makanan dapat memicu perut kembung seperti kol, brokoli, dan minuman bersoda. Maka dari itu, penting untuk kamu mulai mengenali dan kurangi konsumsi makanan atau minuman yang meningkatkan produksi gas dalam tubuh. Dengan memilih makanan yang lebih ramah untuk pencernaan kamu dapat mencegah dan mengurangi kembung.

10. Hindari Merokok dan Minuman Berkarbonasi

Merokok dan mengonsumsi minuman berkarbonasi dapat meningkatkan jumlah gas dalam perut dan memperburuk kembung. Sebaiknya hindari kebiasaan merokok dan minum minuman yang mengandung karbon dioksida untuk menjaga perutmu tetap nyaman.

Obat-Obatan untuk Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung adalah masalah yang umum terjadi dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan, pencernaan, atau kondisi kesehatan lainnya. Melalui artikel yang telah ditinjau oleh dr. Rizal Fadli, terdapat beberapa obat yang dapat membantu mengatasi perut kembung secara efektif. Berikut adalah beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu pilih :

1. Tolak Angin Cair Plus Madu

Tolak Angin Cair Plus Madu merupakan solusi yang ideal untuk meredakan gejala perut kembung dan masuk angin. Obat ini mengandung bahan herbal alami yang dapat membantu mengurangi rasa kembung dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk hasil terbaik, kocok kemasan sebelum digunakan dan konsumsi 1 sachet, 2 kali sehari. Dalam kasus perut kembung parah, dosis dapat ditingkatkan hingga 3-4 sachet per hari. Harga produk ini berkisar antara Rp16.100 hingga Rp26.200 per pack dan dapat ditemukan di berbagai toko kesehatan.

2. New Enzyplex

New Enzyplex adalah pilihan yang tepat untuk mendukung proses pencernaan dan mengatasi gangguan perut seperti kembung dan rasa penuh. Mengandung enzim protease dan amilase, obat ini membantu memecah molekul makanan dan meningkatkan pencernaan. Disarankan untuk mengonsumsi 1-2 tablet per hari pada waktu makan atau sesuai anjuran dokter. Harga New Enzyplex sekitar Rp11.200 hingga Rp11.700 per strip.

3. Polysilane Suspensi

Polysilane Suspensi adalah obat berbentuk sirup yang efektif untuk meredakan perut kembung serta gejala lainnya seperti nyeri lambung dan mual. Mengandung Dimetilpolisiloksan, Aluminium hidroksida, dan Magnesium hidroksida, obat ini bekerja dengan menetralkan asam lambung dan mengatasi gas di perut. Konsumsi 5-10 ml, 3-4 kali sehari, terutama setelah makan dan menjelang tidur. Rentang harga untuk Polysilane Suspensi adalah sekitar Rp31.000 per botol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: