Penderita Insomnia Merapat! Ini 7 Tips Tidur untuk Penderita Insomnia, Kamu Bisa Lakukan Ini

Penderita Insomnia Merapat! Ini 7 Tips Tidur untuk Penderita Insomnia, Kamu Bisa Lakukan Ini

Tips tidur untuk penderita insomnia-Freepik.com-karlyukav

Paparan sinar matahari di pagi hari membantu merangsang kewaspadaan, meningkatkan energi, dan memperbaiki suasana hati.

BACA JUGA:5 Cara Menemukan Karier yang Kamu Sukai, Ini Langkah-Lagkahnya

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Takoyaki yang Garing dan Kenyal, Cocok Buat Dijadikan Cemilan Keluarga

Sinar matahari juga dapat membantu kamu beristirahat lebih baik di malam hari. Ritme sirkadian kita sangat dipengaruhi oleh paparan cahaya.

3. Beralihlah ke kopi tanpa kafein sebelum pukul 2:00 siang

Kafein memiliki waktu paruh enam hingga delapan jam tubuh kamu membutuhkan waktu selama itu untuk menghilangkan setengah dari kafein yang kamu konsumsi dalam satu sajian.

Kafein juga menekan hormon melatonin, waktu batas minum kafein pukul dua dapat membuat kau lebih mudah tertidur pada pukul 10 atau 10:30. 

4. Berolahragalah di pagi hari

Olahraga berat di sore hari yang membuatnya merasa bersemangat hingga melewati waktu tidurnya pukul 11 ​​malam. Rutinitas olahraga yang teratur dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas istirahat kamu.

5. Jangan tidur siang

Sangat dianjurkan tidur siang di siang hari tetapi tidak untuk orang yang mengalami insomnia. Setelah malam yang tidak tenang, dorongan tidur kamu akan lebih tinggi dari biasanya, dan kamu mungkin tergoda untuk mengejar ketertinggalan di siang hari.

Bahkan tidur siang sebentar dapat membuat kamu terjaga di malam hari, membuat kamu tidak bisa tidur nyenyak di malam hari.

6. Makan ringan di malam hari

Tubuh yang sibuk mencerna makanan berat akan kesulitan untuk beralih ke mode istirahat. Banyak ngemil larut malam dapat memiliki efek yang sama.

Penelitian menunjukkan bahwa makan banyak di malam hari dapat menyebabkan kurang tidur. Rencanakan untuk menyantap suapan terakhir tiga jam sebelum tidur, jadikan makan malam sebagai makanan paling ringan di hari itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: