Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menyebabkan Kerutan pada Wajah, Ternyata Ini Penyebabnya

Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menyebabkan Kerutan pada Wajah, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi kebiasaan sehari hari yang menyebabkan kerutan pada kulit wajah-Freepik.com-gratispik

BACA JUGA:Olahraga di Waktu Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Jantung, Simak Info lengkapnya di Sini

Makanan penutup memang lezat, tetapi tidak begitu manis untuk kulit kamu. Produk akhir glikasi lanjutan (AGE), senyawa berbahaya yang terbentuk ketika protein atau lemak berpadu dengan gula dalam aliran darah. Senyawa ini dapat merusak kolagen dan elastin, yang menyebabkan keriput dan kulit kendur.

4. Kurang tidur

Tidur yang cukup adalah hal yang baik. Jam-jam ketika benar-benar kelelahan adalah saat kulit kamu memperbaiki dan memperbarui dirinya sendiri. Jika kamu tidak mendapatkan waktu tidur malam yang cukup, kulit kamu tidak akan dapat memulihkan dirinya sendiri secara efisien, yang menyebabkan pergantian sel berkurang dan kulit menjadi kusam. Faktanya, sebuah penelitian dalam jurnal Sleep menemukan bahwa kurang tidur memengaruhi fitur wajah seperti mata, mulut, dan kulit, yang menyebabkan kelopak mata menggantung, mata yang lebih merah dan bengkak, serta lingkaran hitam di bawah mata

5. Tidur tengkurap

Saat kamu tidur tengkurap, wajah mu akan menempel di bantal, mendorong kulit ke dalam lipatan. Setelah beberapa jam dalam posisi ini, kerutan akan terukir di wajah kamu. Orang yang tidur tengkurap juga mungkin merasakan pembengkakan di sekitar mata, karena posisi ini membuat cairan lebih sulit mengalir. Solusinya yaitu tidurlah telentang dengan kepala sedikit terangkat.

6. Menempatkan wajah di tangan

Saat tangan menopang wajah, kulit juga terdorong ke dalam lipatan, yang dapat menjadi permanen karena perilaku ini berulang dari waktu ke waktu. Tekanan dari tangan juga dapat menyebabkan kolagen dan elastin rusak. Saran ini dapat membantu kamu mengurangi kerutan secara alami.

7. Menyeruput lewat sedotan

Beberapa dokter gigi akan menyarankan kamu untuk minum kopi atau teh melalui sedotan untuk mencegah noda pada gigi, tetapi dokter kulit tidak setuju dengan anjuran tersebut. Untuk menggunakan sedotan, kamu harus mengerutkan bibir. Seperti gerakan berulang lainnya, gerakan ini akan memengaruhi kulit kamu. Melakukan hal ini secara sering akan menyebabkan kerutan terbentuk di sekitar bibir kamu.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa menyebabkan kerutan pada wajah yang harus kamu tahu.

Jika kamu sudah tahu penyebabnya apa, kamu bisa mulai hilangkan kebiasaan itu untuk menjaga kulit kamu tetap kencang tanpa ada kerutan sekali pun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: