7 Negara Tersulit di Dunia untuk Dikunjungi Turis Asing, Paspor Saja Tidak Cukup

7 Negara Tersulit di Dunia untuk Dikunjungi Turis Asing, Paspor Saja Tidak Cukup

Ilustrasi: Daftar Negara tersulit di Dunia untuk dikunjungi turis asing-Pixabay.com-designerpoint

BACA JUGA:Mengapa Tanggal 10 Muharram Dikatakan sebagai Lebaran Anak Yatim? Simak Penjelasannya di Sini

Salah satunya, harus memuat riwayat perjalanan kamu selama 10 tahun terakhir, termasuk detail tempat yang dikunjungi, tanggal kunjungan, dan lama tinggal di negara ini. Jika kamu sering bepergian dari satu negara ke negara lain, mungkin sulit mendapatkan visa untuk mengunjungi Rusia.

2. Iran

Iran merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang menjadi rumah bagi banyak destinasi wisata terkenal dunia. Mulai dari Tajrish Bazaar, Gunung Damavand dan diakhiri dengan Masjid Nasir Al Mulk yang mengesankan.

Sayangnya turis asing sangat sulit mengunjungi Iran. Sebab, wisatawan asing harus mendapatkan kode otorisasi khusus sebelum mengajukan visa. Kode otorisasi dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Iran, namun agen perjalanan resmi Iran harus mengajukan kode tersebut atas nama kamu.

Namun untungnya, pengajuan visa turis ke Iran menjadi lebih mudah sejak menggunakan e-visa. Selain itu, beberapa negara kini mengizinkan kamu mengajukan permohonan visa pada saat kedatangan yang telah mendapat persetujuan sebelumnya.

3. Arab Saudi

Beberapa tahun lalu, mendapatkan visa ke Arab Saudi terbukti sangat sulit. Apalagi jika kamu seorang wanita yang bepergian sendirian. Namun, sejak diperkenalkannya visa turis elektronik, wanita bisa dengan mudah mengunjungi Arab Saudi jika memenuhi persyaratan.

Namun, pelancong asing harus mengikuti banyak peraturan Arab Saudi yang ada. Salah satunya adalah non-Muslim dilarang memasuki Mekah atau Madinah, meskipun mereka memiliki visa turis. Selain itu, alasan lain mengapa Arab Saudi memiliki kebijakan visa yang cukup ketat bagi wisatawan asing adalah untuk menghindari kepadatan di negara tersebut. Sebab, jumlah wisatawan yang diperbolehkan harus dibatasi karena banyaknya jamaah haji yang berkunjung setiap tahunnya.

4. Korea Utara

Negara pimpinan Kim Jong Un ini terkenal sangat tertutup terhadap dunia luar. Peraturan dan pemerintahan Korea Utara sangat ketat, sehingga tidak mengherankan jika sangat sulit mendapatkan visa untuk mengunjungi Korea Utara. Jika kamu ingin mengajukan visa ke Korea Utara, dia harus mengajukan melalui agen perjalanan yang disetujui oleh negara tersebut.

Setelah visa diperoleh, turis tersebut harus mematuhi berbagai peraturan pariwisata yang berlaku setempat. Ada yang dilarang mengambil foto sembarangan, wajib didampingi pemandu, dilarang menjelek-jelekkan Korea Utara, dan dilarang berdiskusi tentang politik atau agama.

5. Sahara Barat

Sahara Barat tidak hanya merupakan negara yang sulit untuk dikunjungi, tetapi juga negara dengan jumlah penduduk paling sedikit kedua di dunia. Namun negara kecil ini memiliki beberapa bandara, termasuk bandara internasional di El Aiun.

Sahara Barat sendiri penuh dengan polisi dan militer (dari Maroko) yang menjaga seluruh wilayah. Oleh karena itu, sangat sulit melakukan apa pun di Sahara Barat tanpa pengawasan. Untuk memasuki negara ini, wisatawan harus mengajukan visa terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: