Dukung Kerukunan Umat Beragama, Generasi Literat Lakukan Kegiatan Hang Out Kebhinekaan untuk Dialog Antaragama

Dukung Kerukunan Umat Beragama, Generasi Literat Lakukan Kegiatan Hang Out Kebhinekaan untuk Dialog Antaragama

TOLERANSI: Potret pasca kegaitan dialog angaragama dalam Hang out Kebhinekaan untuk menumbuhkan nilai Toleransi.-doc pribadi/Generasi Literat-

INFORADAR.ID - Generasi Literat lakukan dialog antaragama dalam kegiatan Hang Out Kebhinekaan edisi spesial Ramadan di Yayasan Sosial Guru Nanak, Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan pada Sabtu (30/03/24).

Generasi Literat merupakan salah satu komunitas yang menjadi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan ragam kegiatan yang berfokus pada bidang pendidikan, kesetaraan gender, inklusi dan juga perdamaian, sebagaimana pada kegiatan Hang Out Kebhinekaan. 

Hang Out Kebhinekaan merupakan salah satu kegiatan yang rutin diadakan oleh Generasi Literat setiap bulannya dengan mengunjungi rumah-rumah ibadah untuk dilangsungkannya dialog antaragama sebagai wujud menerapkan Kerukunan Umat Beragama (KUB). 

Pada Sabtu (30/03/24), Generasi Literat telah menggelar kegiatan Hang Out Kebhinekaan bersama agama Sikhisme atau yang lebih dikenal dengan nama Sikh.

Kegiatan ini memiliki tema 'Berkenalan untuk Saling Sayang', sehingga output yang diharapkan dari kegitan pertemuan dialog antaragama ini bisa saling menumbuhkan nilai toleransi.

BACA JUGA:Mengenal Agama Hindu Bersama Generasi Literat di Kegiatan Hang Out Kebhinekaan

Sikh merupakan salah satu agama yang datang dari Punjab, India Utara dengan populasinya yang minoritas di Indonesia namun menjadi agama terbesar kelima di dunia. 

Pada kesempatan kali ini, terdapat peserta yang turut meramaikankegiatan dialog antaragama ini dengan latar belakang agamanya masing-masing, seperti Islam, Kristen dan dari umat Sikh itu sendiri. 

Elita Triandayani, salah satu pengurus Generasai Literat mengungkapkan bahwa kegiata ini sebagai wadah bagi para peserta untuk menuntaskan rasa penasarannya. 

"Tahun sebelumnya, kami sudah mendatangi agama sikh ini dan kali ini kami datang dengan peserta baru yang tidak kalah penasarannya dengan membawa beragam pertanyaan di Hang Out Kebhinekaan bersama agama sikh ini," terang Elita. 

Adapun Prem Singh, salah satu umat Sikh menyambut dengan hangat kedatangan para peserta yang mengikuti Hang Out Kebhinekaan.

"Selamat datang kawan-kawan Hang Out Kebhinekaan. Ini merupakan salah satu program yang sama bagi kami yang dimaksudkan untuk mengenalkan keberadaan kami di sekitar masyarakat," ungkapnya. 

Secara andministrasi, agama Sikh ini berada di bawah naungan agama Hindu, sehingga kartu pengenal yang dimiliki memiliki status agama Hindu. 

BACA JUGA:Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Pandangan Islam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: