Mengenal Agama Hindu Bersama Generasi Literat di Kegiatan Hang Out Kebhinekaan

Mengenal Agama Hindu Bersama Generasi Literat di Kegiatan Hang Out Kebhinekaan

Potret Kegiatan hang Out Kebhinekaan oleh Generasi Literat bersama Agama Hindu.-pict/generasiliterat-

INFORADAR.ID - Hang Out Kebhinekaan part 8 oleh Komunitas Generasi Literat sukses digelar di Pura Aditya Jaya, Jakarta Timur pada hari Sabtu 30 September 2023.

Kegiatan Hang Out Kebhinekaan yang bertemakan 'Berkenalan Dengan Agama Hindu' diikuti oleh berbagai latar belakang agama dan kepercayaan.

Hang Out Kebhinekaan merupakan salah satu kegiatan dari Komunitas Generasi Literat yang mengajak generasi milenial dan Generasi Z (Gen Z) untuk mengenal keberagaman.

Kegiatan Hang Out Kebhinekaan ini bukan dilakukan untuk pertama kalinya, tapi sudah dilakukan sebanyak delapan kali dengan berbagai rumah ibadah berbeda yang yang sudah dikunjungi.

Mila Muzakkar, selaku founder Komunitas Generasi Literat mengungkapkan bahwa kegiatan Hang Out Kebhinekaan ini ditujukan bagi Gen Z.

"Nama Hang Out Kebhinekaan ini sengaja digunakan dengan Bahasa gaul remaja, di mana memang supaya bisa menarik perhatian mereka, karena memang pada saat ini di kalangan remaja sudah banyak yang stereotip terhadap perbedaan yang ada,” tutur Mila.

Hang Out Kebhinekaan part 8 kali ini yang digelar untuk mengenal Agama Hindu, tentu sangat diterima dengan baik oleh para pemuka agamanya atas kedatangan para peserta yang berasal dari latarbelakang yang berbeda.

“Selamat datang para peserta Hang Out Kebhinekaan di Pura Aditya Jaya, semoga kitab isa dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa,” sambut Putu Maharta Adhi Yadnya, selaku ketua pura.

BACA JUGA:Kenalkan Jurnalistik Digital dari Penulisan Hingga Pengelolaan Media

Tidak hanya itu, Putu Maharta juga menuturkan rasa bangganya dengan para peserta yang relative muda mau mengikuti kegiatan lintas agama ini.

“Saya sangat bangga sekali, adek-adek yang hadir di sini bisa menerepkan NKRI untuk saling memahami satu sama lain. Dengan itu, kita harus care dengan negara kita ini apapun agama dan sukunya,” ucapnya.

Terdapat Gen Z yang berasal dari berbagai agama dan kepercayaan, seperti dari Agama Islam, Kristen Protesta, Agama Hindu, Agama Budha juga peserta yang berasal dari beragam usia dan suku yang berbeda.

Rangkaian kegiatan yang dibuka dengan doa dari masing-masing agama, brain storming sebelum memasuki pemaparan perihal Agama Budha, kemudian dilanjut dengan diskusi, tanya jawab dan yang paling berkesan adalah tour Pura Aditya Jaya.

Dalam tour pura, tentunya tidak luput dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari peserta yang semakin merasa penasaran sehingga penuh dengan tanya di setiap ruang yang ditunjukkan.

Konitatu Rahmah yang merupakan salah satu peserta Hang Out Kebhinekaan mengungkapkan perasaannya setelah mengikuti hingga berakhirnya kegiatan.

“Tentunya senang sekali, selain karena mengenal perbedaan, kita juga bisa lebih terbuka dengan teman yang baru kita dapatkan walaupun dari agama yang berbeda, karena kegiatan ini juga, setidaknya saya sedikit mengetahui bagaimana dan seperti apa Agama Hindu ini,” jelas Konitatu Rahmah.(*)

BACA JUGA:Ratusan Mahasiswa Ilkom UNTIRTA Ikuti Pelatihan Radar Banten Goes to Campus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: