10 Tips Mengatasi HP Android yang Telah Diretas

10 Tips Mengatasi HP Android yang Telah Diretas

ilustrasi peretasan data pribadi--Freepik @jcomp

Untuk mencegah pemasangan malware di masa mendatang, pastikan untuk menonaktifkan opsi untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal Opsi ini dapat ditemukan di pengaturan keamanan perangkat Anda.

6. Menghapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi bisa menjadi tempat persembunyian yang baik untuk malware. Membersihkan cache aplikasi Anda secara teratur dapat membantu Anda menghapus semua data yang dapat digunakan peretas.

7. Ubah kata sandi akun Google Anda

Jika menurut Anda akun Google Anda telah terpengaruh, segera ubah kata sandi Anda untuk mencegah akses yang tidak sah. Gunakan kata sandi yang kuat dan unik.

BACA JUGA:Data Pribadi Sering Diretas, UU Perlindungan Data Pribadi Diharapkan Segera Disahkan DPR

8. Cadangkan dan Setel Ulang

Jika semua upaya lain gagal, lakukan pencadangan data dan pengaturan ulang pabrik untuk menyimpan cadangan data Anda di tempat yang aman sebelum melakukan pengaturan ulang aplikasi apa pun yang mungkin terinfeksi virus.

9. Instal perlindungan malware dan jalankan pemindaian

Instal aplikasi anti-malware yang andal dari Google Play Store dan lakukan pemindaian menyeluruh untuk mengidentifikasi malware untuk memastikan perangkat Anda memiliki ulasan yang baik dan telah terbukti efektif.

10. Setel ulang ponsel jika perlu

Jika semua upaya di atas gagal, atau jika Anda menduga perangkat Anda telah diretas, pertimbangkan untuk mengatur ulang ponsel Anda ke pengaturan pabrik. Ini adalah langkah terakhir yang dapat Anda ambil untuk memulai dari awal dengan perangkat yang bersih Juli.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan cermat, Anda dapat mengatasi masalah peretasan pada Hp Android dan melindungi informasi pribadi Anda dari ancaman dunia maya.

Tetap waspada dan ikuti perangkat lunak keamanan terkini untuk menjaga keamanan perangkat Anda di masa mendatang. Anda harus selalu mengutamakan keamanan dan privasi saat menggunakan teknologi.(*)

BACA JUGA:Trik Cerdik Agar iPhone Tidak Mudah Diretas atau Terkena Hacking

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: