10 Tips Mengatasi HP Android yang Telah Diretas

10 Tips Mengatasi HP Android yang Telah Diretas

ilustrasi peretasan data pribadi--Freepik @jcomp

INFORADAR.ID - Seiring kemajuan teknologi, ancaman terhadap keamanan hp Android juga semakin meningkat. Salah satu masalah paling serius adalah peretasan perangkat, yang dapat menyebabkan kebocoran data pribadi dan penyalahgunaan data pribadi. 

Jika Anda mencurigai bahwa  Hp Android Anda telah diretas, penting bagi Anda untuk segera mengambil tindakan untuk memulihkan keamanan dan kontrol perangkat Anda. 

Pada artikel ini, kami akan memberi tahu Anda tentang 10 langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi Hp Android yang diretas dan melindungi data pribadi Anda dari ancaman dunia maya.

Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda mendapatkan kembali kendali atas perangkat Anda dan melindungi informasi pribadi Anda:

1. Setel Ulang Perangkat Android (Riset)

Menyetel ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik adalah langkah pertama yang perlu Anda ambil untuk menghapus malware dari perangkat Anda yang mungkin telah diinstal oleh peretas. Pastikan Anda telah mencadangkan data penting Anda sebelum melakukan reset.

2. Masukkan kembali perangkat ke mode aman

Dalam mode aman, hanya aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk memulai perangkat, sehingga aplikasi berbahaya dapat diidentifikasi dan dihapus. Untuk masuk ke safe mode, Anda biasanya menekan tombol power, menahan opsi restart, dan memilih "Safe Mode" saat muncul.

BACA JUGA:Hal-Hal yang Harus Dilakukan Jika Ponsel Samsung Galaxy Anda Diretas

3. Akses Administrator dan Penghapusan Aplikasi

Peretas mungkin telah memberikan hak administrator dan izin ke aplikasi jahat untuk mengontrol perangkat. Tinjau dan hapus instalan semua hak administrator dan aplikasi yang tidak Anda kenal atau belum Anda instal dengan sengaja.

4. Copot pemasangan aplikasi yang tidak dikenal

Segera hapus aplikasi yang tidak dikenal atau mencurigakan yang mungkin telah diinstal oleh peretas. Tinjau daftar aplikasi dengan cermat, hapus yang tidak dikenal atau tidak diunduh.

5. Nonaktifkan penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: