9 Tips untuk Mencegah Peretasan di Perangkat Android Anda

9 Tips untuk Mencegah Peretasan di Perangkat Android Anda

ilustrasi peretas yang mencuri data pribadi --Freepik @macrovector

INFORADAR.ID - Di era aktivitas online yang semakin mendominasi kehidupan sehari-hari, keamanan digital menjadi sangat penting, terutama kemanan perangkat android anda yang mungkin rentan terkena peretasan. 

Semakin majunya perkembangan teknologi, Tentu Perangkat Android tidak lepas dari risiko peretasan sebagai salah satu cara utama untuk terhubung dengan dunia online yang sudah banyak digunakan. 

Untuk melindungi data pribadi dan informasi rahasia Anda, Artikel ini akan membantu anda dalam mencegah peretasan pada perangkat android anda, yang mungkin bisa terjadi kapan saja dan tanpa and sadari.

berikut adalah 9 tips untuk membantu Anda mencegah peretasan di perangkat Android Anda:

1.  Cobalah untuk selalu memperbarui sistem Android Anda

Perbarui perangkat lunak Anda secara teratur untuk memastikan bahwa Anda menerima pembaruan keamanan terbaru yang telah dirilis Google. Pembaruan ini biasanya memperbaiki kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh peretas.

2.  Menggunakan VPN

Jaringan pribadi virtual (VPN) membantu melindungi privasi Anda dengan menyembunyikan alamat IP Anda dan mengenkripsi lalu lintas Internet Anda. Pilih VPN yang andal dan gunakan saat menyambungkan ke jaringan Wi-Fi publik atau tidak tepercaya.

BACA JUGA:Trik Cerdik Agar iPhone Tidak Mudah Diretas atau Terkena Hacking

3. Jangan melakukan root pada perangkat Android Anda

Rooting perangkat Android dapat membuka pintu bagi malware untuk mengendalikan perangkat. Hindari rooting kecuali Anda sepenuhnya memahami risiko yang terlibat.

4. Gunakan kata sandi untuk semua layanan online

Selalu gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun Anda, terutama yang berisi informasi pribadi dan keuangan. Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun.Pertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi untuk menjaga keamanan kata sandi Anda.

5. Instal hanya aplikasi yang tersedia di Play Store

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: