Ini Alasan Kenapa Kamu Wajib Konsumsi Buah Pepaya Saat Berbuka Puasa dan Sahur

Ini Alasan Kenapa Kamu Wajib Konsumsi Buah Pepaya Saat Berbuka Puasa dan Sahur

Buah pepaya-Istock-

INFORADAR.ID - Mengonsumsi buah pepaya ternyata sangat dianjurkan pada saat berbuka puasa dan sahur. Buah dengan nama latin Carica Papaya L ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. 

Manfaat bagi kesehatan itu tidak lepas dari kandungan dalam buah pepaya. Buah tropis ini punya kandungan kalsium dan berbagai macam vitamin seperti B2, N1 dan antioksidan. 

Untuk diketahui, dalam buah pepaya yang matang dengan berat 152 gram terdapat kalori 59 kkal, karbohidrat 15 gram dan satu gram protein. 

Mengonsumsi buah pepaya dapat mencukupi 157 persen kebutuhan vitamin C per hari, 55 persen kebutuhan vitamin A per hari, 14 persen kebutuhan folat per hari dan 11 persen kalium per hari. 

Dari kandungannya tersebut maka tak heran buah pepaya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Berikut ini manfaat dari mengonsumsi buah pepaya: 

1. Baik Untuk Pencernaan

Manfaat yang pertama tentu saja baik untuk pencernaan. Sudah menjadi rahasia umum pepaya merupakan buah yang kaya serat dan mempunyai kandungan enzim papain yang paling tinggi. Enzim papain ini diketahui dapat membantu mencerna makanan yang masuk ke tubuh.

2. Turunkan Kolesterol

Manfaat lain dari mengonsumsi buah pepaya adalah dapat menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan pepaya sumber serat, antioksidan dan vitamin C. Mangonsumsi pepaya dapat menghindarkan diri kita dari kolesterol. Untuk itu, kamu dapat menjadikan pepaya sebagai makanan penutup. 

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah pepaya juga sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Meski punya rasa yang manis, namun buah pepaya punya kandungan gula rendah dan indeks glikemik yang juga rendah.

Oleh karenanya, mengonsumsi pepaya sangat baik untuk pasien diabetes. Pepaya sendiri kaya akan nutrisi phyto dan vitamin.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat yang tak kalah penting dari mengonsumsi buah pepaya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan pepaya punya kandungan vitamin C pada pepaya. Dengan sering mengonsumsi buah pepaya kamu dapat bertahan dari semua jenis infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: